3 Burung Tercepat di Dunia

Di antara berbagai jenis hewan yang ada ternyata mempunyai keunikan dan kemampuan masing-masing. Seperti bunglon yang dapat berganti warna sesuai dengan lingkungan sekitar, hal ini bertujuan untuk mempertahankan dirinya dari para predator. Kemampuan yang di miliki setiap jenis hewan belum tentu dapat di lakukan oleh hewan lainnya.
Selain bunglon, hewan cheetah yang dapat berlari mencapai kecepatan 120 km/jam. Dengan kecepatan seperti itu membuat cheetah di nobatkan sebagai hewan tercepat di dunia. Namun tahukah anda jika terdapat jenis burung yang memiliki kecepatan sampai ratusan km/jam dan mengalahkan kecepatan cheetah? Burung merupakan salah satu spesies di dunia yang dapat bergerak lincah, dan cepat, hal tersebut karena burung terbang bebas di udara.
Nah di bawah ini ada beberapa jenis burung yang mempunyai kecepatan terbang luar biasa, langsung saja berikut 3 burung tercepat di dunia.

3 Burung Tercepat di Dunia

Peregrine Falcon
Burung tercepat di dunia yang pertama adalah Peregrine Falcon (Spesies Elang). Burung ini memang tengah banyak di bicarakan oleh para ilmuwan yang khususnya para peneliti burung. Burung Falcon ini merupakan saudara burung elang yang membedakan adalah burung falcon lebih cepat daripada burung elang. Burung ini mempunyai nama latin Falco peregrinus (sejenis alap-alap). Burung falcon ini hidup di wilayah Amerika dan di kenal sebagai burung pemangsa. Dalam keadaan normal saat berburu, burung ini mampu terbang dengan kecepatan mencapai 320 km/jam dan kecepatan maksimumnya adalah 389 km/jam. Hal tersebut membuat burung falcon sebagai hewan tercepat di dunia yang dapat mengalahkan burung cepat lainnya seperti burung spine.
Spine Tailed Swift
Burung tercepat di dunia yang kedua adalah Spine Tailed Swift. Burung ini mempunyai nama latin Hirundapus caudacutus. Burung spine ini berada di posisi kedua setelah burung falcon, burung spine dalam keadaan normal mampu terbang dengan kecepatan mencapai 171 km/jam. Burung ini mempunyai kaki yang pendek yang berguna untuk menempel di permukaan yang vertical. Selain itu burung spine jarang berada di tanah dan menghabiskan hidupnya di udara dan bersarang di celah-celah batu karang. Burung ini berkembang biak di bukit berbatu Asia tengah dan bermigrasi saat musim dingin di selatan Australia. Baca Juga Fakta Unik Tentang Lebah Madu.
Frigate Bird
Burung tercepat di dunia yang ketiga adalah Frigate Bird. Burung yang berasal dari Galapagos, Ekuador, memang mempunyai bentuk yang unik. Ciri khas mereka adalah mempunyai pundi-pundi tenggorokan yang dapat mengembung seperti balon. Pundi-pundi tenggorokan tersebut hanya di miliki oleh burung jantan saja, sedangkan betina tidak memiliki. Fungsi dari pundi tenggorokan tersebut adalah untuk mencari pasangan betina, pundi tersebut mengembung selama 20 menit. Burung ini memang terlihat besar namun burung ini dapat terbang dengan kecepatan maksimum 153 km/jam. Sangat cepat bukan.
Itulah 3 burung tercepat di dunia dan masih banyak lagi jenis burung yang memiliki kecepatan beragam lainnya seperti burung Spur Bersayap Angsa yang mempunyai kecepatan terbang mencapai 142 km/jam, burung Red Breasted Merganeser yang dapat terbang mencapai kecepatan 129 km/jam, dan masih banyak jenis burung lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda. Baca Juga Artikel Menarik Lainnya 3 Olahraga Paling Ekstrim.
3 Burung Tercepat di Dunia | admin | 4.5