Alternatif Bisnis untuk Mahasiswa

Pada umumnya mahasiswa ingin memiliki usaha sendiri dengan alasan ingin mandiri dan tidak ingin membebani orang tua. Namun tidak semua bisnis atau peluang usaha bagus untuk mahasiswa. Hal ini dikarenakan mahasiswa cenderung sibuk kuliah dan ditambah tugas kuliah yang banyak. Untuk itu Anda harus pintar –pintar memilih usaha agar tidak mengganggu kuliah Anda, misalnya bisnis paruh waktu (part time). Dengan begitu Anda bisa mengerjakan bisnis Anda di luar waktu kuliah, dan tentunya dalam memilih bisnis dimulai dari modal yang kecil dahulu. Hal ini dikarenakan jika suatu saat gagal Anda tidak terlalu fputus asa.

Alternatif Bisnis untuk Mahasiswa

Berikut alternatif bisnis untuk mahasiswa

Bisnis Online
Bisnis online merupakan bisnis yang bisa dikerjakan setiap saat. Peluang usaha ini bisa dikerjakan oleh mahasiswa, pelajar, bahkan ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan bisnis online dapat dikerjakan di rumah, pekerjaannya pun cukup simple. Umumnya Anda cukup menyediakan komputer atau laptop yang disalurkan ke jaringan internet. Dari tahun-ketahun bisnis online mulai digemari oleh semua kalangan, baik pria maupun wanita. Sebagai contohnya adalah bisnis afiliasi, bisnis reseller, bisnis dropshipping.

Bisnis afiliasi cukup sederhana, Anda hanya memasarkan produk orang lain kemudian jika terjadi penjualan Anda akan mendapatkan komisi dari produsen. Yang kedua adalah bisnis reseller, bedanya dengan bisnis afiliasi adalah Anda diharuskan membeli produk tersebut, kemudian Anda jual kembali ke konsumen. Komisinya lebih besar dari bisnis afiliasi karena Anda yang menentukan sendiri harga yang akan dijual ke konsumen. Dan yang terakhir adalah bisnis dropshipping, bisnis ini cukup diminati karena Anda bisa menjual produk orang lain tanpa menyetok barang. Proses kerjanya adalah Anda memasarkan produk dari blog Anda, kemudian jika terjadi pembelian dan konsumen mentransfer uang, selanjutnya Anda membayar dan memberikan alamat pembeli ke supplier pemilik produk tersebut. Setelah itu barang segera dikirim ke pembeli dari supplier produk.

Jasa Pengetikan
Alternatif bisnis untuk mahasiswa yang berikutnya adalah jasa pengetikan. Bagi sebagian orang, jasa pengetikan sangat dibutuhkan terutama para pelajar dan mahasiswa yang sibuk serta tidak memiliki laptop. Jika Anda berminat bisnis pengetikan, modal yang diperlukan adalah sebuah laptop dan printer. Jangan merasa takut jika Anda belum ahli dalam pengetikan karena seiring berjalannya waktu Anda bisa dengan belajar dan bisa membaca buku jika mengalami kesulitan.

Mengadakan Kursus atau Les Privat
Les privat merupakan peluang bisnis usaha yang paling mudah dilakukan. Karena Anda tidak perlu memerlukan peralatan bahkan tanpa modal sedikitpun. Untuk memulai bisnis ini Anda hanya perlu keahlian khusus dan kreativitas. Misalkan Anda kuliah di jurusan bahasa inggris, maka Anda dapat membuka les privat bahasa inggris untuk anak SD atau SMP. Selain untuk mendapatkan uang, dengan hal seperti ini Anda juga dapat melatih kreativitas Anda yang diterapkan dalam proses belajar.

Itulah beberapa contoh alternatif bisnis untuk mahasiswa. Jika Anda berniat untuk melakukannya, hal yang paling utama adalah terus berusaha dan jangan mudah putus asa. Baca juga artikel menarik hobi yang membuat Anda pintar.

Alternatif Bisnis untuk Mahasiswa | admin | 4.5