Bangunan Bersejarah di Bandung Paling Populer

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar yang ada di Jawa Barat dan sekaligus menjadi ibu kota di provinsi tersebut. Sejarahnya, kata “Bandung” berasal dari kata bendung atau bendungan. Hal ini karena kota Bandung terkenal dengan terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang membentuk telaga. Selain terkenal dengan Gunung Tangkuban Perahunya, Bandung juga memiliki sejumlah bangunan bersejarah di kotanya. Jika Anda mengunjungi kota hujan ini jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di Bandung dan tentunya bangunan bersejarahnya. Berikut adalah bangunan bersejarah di Bandung.

  • Gedung Bank Indonesia

Gedung Bank Indonesia

Bangunan bersejarah di Bandung yang pertama adalah Gedung Bank Indonesia. Gedung yang dibangun pada tahun 1909 ini pada zaman kolonial Belanda gedung ini memiliki nama yaitu “De Javasche Bank Bandung”. Saat ini lokasi bangunana bersejarah ini terletak di persimpangan jalan Merdeka dan jalan Wastukencana. Setelah kemerdekaan RI pada tahun 1945 gedung ini diambil alih oleh pemerintah Indonesia yang dijadikannya gedung Bank Indonesia pada tahun 1953 silam. Dari Gedung Bank Indonesia Anda juga dapat mengunjungi fasilitas umum lainnya seperti hotel perbelanjaan, hotel dan lainnya. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat wisata paling menarik di Bandung.

  • Gedung Landmark

Gedung Landmark

Gedung yang terletak di jalan Braga No.129 pada awalnya merupakan sebuah toko buku bernama Van Dorp. Namun yang disayangkan adalah gedung yang dirancang oleh arsitek C.P. Wolff Schoemaker ini tidak dibuka untuk umum dan hanya digunakan saat ada acara yang diselenggarkaan di sini. Namun Anda jangan khawatir, Gedung Landmark sangat dekat dengan tempat menarik lainnya yaitu Museum Mandala Wangsit, Patung Tentara Pelajar dan Laskar Wanita.

  • Hagel Eens – Au Bon Marche

Pada tahun 1930-an Hagel Eens merupakan salah satu toko yang menjual berbagai macam busana modern yang langsung didatangkan dari Perancis. Namun seiring dengan berjalannya waktu, toko yang dimiliki oleh keluarga Hagel Eens dijual pada keluarga Au Bon Marche. Au Bon Marche terus mengembangkan toko ini dan pada akhirnya ia menghilangkan nama Hagel Eens. Sayangnya, saat ini keadaan dari bangunan ini tidak terawat.

  • New Majestic

New Majestic

Sama halnya dengan Gedung Landmark, New Majestis merupakan gedung yang terletak di jalan Braga, Bandung yang dirancang oleh C.P. Wolff Schoemaker. Pada zaman dahulu gedung ini adalah sebuah bioskop yang bernama Concordia Bioscoop dan merupakan salah satu hiburan yang sering dikunjungi oleh hanya orang Belanda dan orang pribumi tidak boleh masuk ke sini. Seperti yang tertera pada tulisan peringatan yang ada di luar gedung yaitu “Verbodden voor Honder en irlander” yang berarti anjing dan orang pribumi dilarang masuk. Saat ini gedung ini digunakan sebagai gedung pertemuan dan tidak dibuka untuk umum.

Demikianlan ulasan tentang bangunan bersejarah di Bandung. Baca juga artikel tentang Tempat wisata kuliner di Bandung.

Bangunan Bersejarah di Bandung Paling Populer | admin | 4.5