Cano Cristales, Sungai Lima Warna Terindah di Dunia

Pada umumnya sungai hanya memiliki satu warna saja yaitu berwarna kecokelatan. Namun tahukah Anda jika ada sungai yang memiliki lebih dari satu warna? Jika Anda menunjungi negara Kolombia, Anda akan menemukan fenomena alam yang dapat membuat mata Anda terpana. Di negara ini, tepatnya di dekat kota La Macarena terdapat sungai yang memiliki lima warna sekaligus. Sungai ini bernama sungai Cano Cristales. Sungai Cano Cristales ini merupakan satu-satunya sungai yang memilki lima warna yang ada di dunia. Warna yang menghiasi sungai ini adalah merah, kuning, hijau, orange dan juga biru. Maka jangan heran jika banyak turis yang mengunjungi tempat ini menyebuat bahwa sungai Cano Cristales sebagai sungai pelangi yang pernah ada di dunia.

Wilayah yang ada di sekitar sungai ini merupakan basis para pemberontak pemerintah Kolombia. Namun Anda jangan khawatir, jika Anda ingin mengunjungi tempat tersebut pihak militer Kolombia  sudah menjamin keselamatan dan membuka jalan di radius 30 km sungai Cano Cristales. Akan tetapi  untuk menuju sungai lima warna tersebut sangatlah tidak mudah. Seseorang harus menempuh jalan yang sangat sulit untuk menikmati pemandangan di sana, yaitu para turis harus naik pesawat dari Kota Bogota menuju ke La Macarena.  Setelah itu, para turis harus melanjutnkan perjalanan dengan naik mobil dan trekking menelusuri hutan.

Cano Cristales

Lima warna yang menghiasi sungai ini merupakan peranan dari lumut dan juga alga (Macarenia clavigera) yang menempel pada bebatuan sungai. Bebatuan yang ada di sungai ini sendiri dipercaya sudah berumur 1,2 miliar tahun. Batuan tersebut merupakan perbatasan Guiana dari Venezuela, Guyana dan juga Brazil. Untuk para turis yang sangat menyukai keindahan alam. Sungai Cano Cristales merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi. Karena di sini Anda dapat menemukan kombinasi menarik antara tumbuhan dan unsur kimia dari bebatuan tersebut.

Tempat  wisata yang mulai dikunjungi turis pada tahun 2000-an ini memiliki sejumlah peraturan yang harus dan wajib dipatuhi bagi para pengunjungnya. Antara lain pengunjung dilarang berenang, dilarang menginjak rumput atau alga, dilarang minum alkohol di pinggir sungai, tidak boleh merokok dan juga tidak boleh menggunakan sunscreen. Sehingga pengunjung hanya boleh menggunakan penutup kepala ataupun penutup anggota tubuh lainnya agar tidak terkena sinar matahari. Hal ini bertujuan agar ekosistem yang ada di sungai ini tetap terjaga dan tetap cantik.

Jika Anda ingin mengunjungi sungai Cano Cristales, waktu terbaik yang dapat Anda gunakan adalah pada bulan Juli hingga Desember. Karena pada bulan tersebut temperatur udara dan sinar matahari dapat menghangatkan alga dan lumut di dalam sungai, sehingga mereka terlihat seperti bermekaran. Sedangkan pada bulan Januari hingga Mei, Cano Cristales ditutup untuk umum. Hal ini bertujuan agar ekologi yang ada di sana dapat istirahat dan berkembang lebih baik.

Nah itulah sekilas tentang Cano Cristales,  sungai lima warna yang ada di Kolombia. Baca juga artikel tentang Sungai terpanjang di dunia.

Cano Cristales, Sungai Lima Warna Terindah di Dunia | admin | 4.5