Cara Bermain Kasti dan Peraturannya

Kasti merupakan permainan tradisional yang mengutamakan kekompakan dalam tim dan ketangkasan dengan tujuan mendapatkan rasa gembira. Kasti umumnya dimainkan secara beregu, dan dilakukan dilapangan terbuka. Hal yang menarik dari permainan ini adalah Anda akan belajar disiplin serta memupuk rasa solidaritas antar teman. Ini membuat kasti menjadi olahraga yang populer di Indonesia, bahkan pernah dilombakan secara nasional.

Dalam permainan ini Anda harus menguasai teknik seperti memukul, melempar, dan menangkap. Ada dua regu dalam permainan bola kasti, yaitu regu pemukul, dan penjaga. Untuk itu kerjasama tim sangat dibutuhkan dalam permainan ini. Setiap regu mempunyai 12 orang pemain dan dipimpin oleh wasit. Wasit bertugas mencatat nilai yang dibantu seorang pembantu wasit di luar lapangan. Adapun tiga penjaga garis yang berdiri di bagian kiri, kanan, dan belakang lapangan.

kasti

Saat regu pemukul siap bermain, regu penjaga bisa berdiri bebas di dalam atau di luar lapangan dengan catatan tidak boleh ada regu penjaga di ruang pemukul dan tidak boleh mencegah regu pemukul berlari ke tiang pertolongan. Hal yang perlu diperhatikan tentang cara bermain kasti adalah teknik memukul bola, jika Anda tidak menguasai teknik ini akan terasa sulit untuk mengikuti permainan.

Berikut cara bermain kasti dengan teknik memukul bola yang benar

• Pegang alat pemukul dengan satu tangan di bagian yang lebih kecil.
• Berdiri dalam posisi menyamping dan pelambung berada di samping kiri pemukul.
• Buka kaki selebar bahu.
• Tekuk siku dan letakkan alat pemukul tepat di atas bahu.
• Pandangan fokus ke arah pelambung yang melempar bola.
• Ayunkan alat pemukul saat bola mendekat ke jangkauan disertai lecutan pada pergelangan tangan.
• Terakhir lanjutkan dengan melangkah kaki belakang ke depan dengan tenaga pada pukulan.

Dalam regu pemukul setiap pemain mendapatkan satu kesempatan memukul dan khusus pemain terakhir dapat memukul sampai 3 kali. Setelah memukul alat pemukul wajib diletakkan di dalam ruang pemukul. Jika pemukul membawanya tidak akan mendapatkan nilai. Pukulan dinyatakan sah jika bola melewati garis pemukul dan tidak mengenai tangan pemukul.

Untuk tim penjaga bertugas mematikan lawan dengan cara melempar bola ke pemukul atau dengan menangkap bola dari pemukul. Selain itu regu pnjaga harus mengisi di setiap ruang bebas untuk mengisi kekosongan.

Waktu disetiap babak dalam permainan ini adalah 20 menit dan setiap babak terdapat waktu istirahat 15 menit. Untuk mendapatkan nilai jika pemukul bola berhasil mencapai posisi I, II, III, secara bertahan dan mendapatkan nilai 1. Jika pemukul telah melewati tiang dan kembali ke ruang bebas mendapatkan nilai 2. Regu penjaga yang berhasil menangkap langsung bola lambung mendapatkan nilai 1. Pemenang permainan ditentukan dari total nilai yang dikumpulkan.

Itulah ulasan tentang cara bermain kasti dan peraturannya. Baca juga Hobi yang bikin Anda tambah pintar.

Cara Bermain Kasti dan Peraturannya | admin | 4.5