Cerita Rakyat Indonesia Paling Terkenal

Cerita rakyat adalah salah satu warisan leluhur yang saat ini masih terjaga eksistensinya. Hingga ada juga dari beberapa cerita rakyat Indonesia yang diangkat menjadi film, sinetron ataupun opera. Ada beberapa cerita rakyat yang saat ini masih populer seperti, Bawang Merah Bawang Putih, Timun Mas, Keong Mas dan juga masih banyak cerita rakyat Indonesia lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cerita rakyat Indonesia yang paling terkenal.

Lutung Kasarung

Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia Terpopuler

Bawang Merah Bawang Putih

Cerita rakyat Indonesia yang pertama adalah Bawang Merah Bawang Putih. Cerita rakyat yang berasal dari Riau ini menceritakan tentang kisah dua orang gais cantik bersaudara namun memiliki watak yang sangat berbeda. Bawang Merah dan sang Ibu memiliki watak yang sangat kejam jahat dan juga licik. Sedangkan Bawang Putih adalah seorang gadis yang hampir setiap hari disiksa oleh ibu tirinya dan saudaranya yaitu Bawang Merah.

Keong Mas

Keong Mas merupakan salah satu cerita rakyat yang berasal dari Jawa. Dongeng ini menceritakan tentang seorang raja yang memilki dua orang putri cantik yaitu Dewi Galuh dan Candra Kirana. Pada awalnya Candra Kirana sudah dijodohkan dengan Raden Ibnu. Namun sayang, Dewi Galuh tidak setuju dan sangat iri dnegan hal tersebut karena Dewi Galuh pun menaruh hati pada Raden Ibnu. Kemudian Dewi Galuh menemui penyihir dan memintanya untuk menyihir saudaranya menjadi Keong Mas dan membuangnya ke laut. Kemudian ada seorang janda yang menemukannya dan membawanya ke rumah. Pada umumnya cerita ini memiliki pesan moral bahwa kebenaran akan mengalahkan kejahatan.

Lutung Kasarung

Cerita rakyat Indonesia selanjutnya adalah Lutung Kasarung. Lutung Kasarung dapat diartikan yaitu lutung yang tersesat. Cerita ini mengisahkan tentang perjalanan lutung, Sanghyang Guruminda yang diturunkan ke bumi. Dalam perjalanannya di bumi ia dipertemukan dengan seorang gadis cantik yaitu Putri Purbasari Ayuwangi yang difitnah dan diusir saudaranya yang kejam, yaitu Purbararang. Setelah melewati masa-masa bersama, Lutung Kasarung akhirnya dapat berubah menjadi pangeran tampan yang pada akhirnya menikahi Putri Purbasari Ayuwangi. Setelah menikah, mereka berdua memerintah Kerajaan Cupu Mandala Ayu dan Kerajaan Pasir Batang bersama-sama.

Timun Mas

Cerita rakyat Indonesia yang berasal dari Jawa ini mengisahkan tentang seorang janda tua yang diberi bibit mentimun ajaib oleh Raksasa. sebagai balasannya Mbok Sirni harus membagi hasil dari bibit mentimun itu. Bibit mentimum tersbeut tumbuh menjadi pohon yang sangat besar dan ternyata berisi bayi yang cantik. Mbok Sirni pun menamainya dengan Timun Mas. Hari yang dikhawatirkan janda tersebut pun tiba, sang raksasa pun datang untuk meminta jatah dari bibit timun yang diberikannya. Namun mbok Sirni tak hanya diam saja, ia meminta bantuan kepada pertapa sakti di Gunung Kidul untuk menyelamatkannya.

Demikianlah ulasan tentang cerita rakyat Indonesia yang paling terkenal. Baca juga artikel tentang Film Indonesia yang mendunia.

Cerita Rakyat Indonesia Paling Terkenal | admin | 4.5