Daftar Film Indonesia yang Mendunia

Tahukah Anda pada akhir tahun 1998 merupakan tahun di mana dunia perfilman Indonesia menunjukkan kreatifitasnya yang dulunya sempat mengalami kemunduran? Ya, para insan perfilman dapat menghidupkan kembali film Indonesia yang mampu bersaing dengan perfilman dunia. Tak sedikit film Indonesia yang sukses Go Internasional. Kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga atas penghargaan yang diberikan oleh film tersebut. Nah pastinya Anda penasaran kan apa saja film tersebut? Berikut adalah daftar film Indonesia yang mendunia!

Daftar Film Indonesia yang Mendunia

Daun di Atas Bantal

Daun di Atas Bantal

Film karya sutradara Garin Nugroho yang diproduksi pada tahun 1998 ini mendapatkan apresiasi yang tinggi di luar negeri. Walaupun penggarapannya sempat berhenti yang disebabkan karena krisis ekonomi, hal tersebut tidak mempengaruhi kualitas dari film Daun di Atas Bantal. Hal ini dibuktikan dengan menyabet berbagai macam penghargaan. Salah satu penghargaan yang diterima oleh film ini adalah menjadi film terbaik di ajang Asia Pasific Film Festival, Christine Hakim dinobatkan sebagai aktris terbaik sedangkan sang sutradara Garin Nugroho berhasil memperoleh Special Jury Prize pada Tokyo Internasional Film Festival pada tahun 1998. Tak berhenti sampai di situ, film ini juga menjadi unggulan dalam kategori Silver Screen Award Best Asian Feature Film di Singapore International Film Festival pada tahun 1999 dan menjadi salah satu film dengan biaya termahal pada waktu itu..

Pasir Berbisik

Pasir Berbisik

Film Indonesia yang mendunia selanjutnya disutradarai oleh Nan Achanas. Film ini berhasil membius penontonnya dengan memperlihatkan keindahan Gunung Bromo. Tak hanya itu, film ini juga dibintangi oleh artis cantik serta berbakat yaitu Christine Hakim dan Dian Sastro Wardoyo. Pasir Berbisik tercatat telah meraih sejumlah penghargaan seperti Best Cinematography Award, Jury Special Award for Most Promising Director dalam Asia Pacific Film Festival pada tahun 2001, Best Sound Award, dan juga artis terbaik untuk Christine Hakim dalam Festival Film Asiatique Deauville serta artis terbaik untuk Dian Sastro Wardoyo.

The Raid

The Raid

The Raid merupakan film Indonesia pertama yang masuk box office di Amerika Serikat. Tak hanya itu, film karya sutradara Gareth Evans juga berhasil meraih peringkat 11 sebagai film yang paling banyak ditonton. The Raid dibintangi oleh beberapa artis Indonesia yaitu Iko Uwais, Joe Taslim, Dony Alamsyah, Tegar Satrya dan lainnya. Film ini juga mampu meraih penghargaan yang bergengsi di dunia antara lain Cadollacs People’s Choice Award di Toronto International Film Festival 2011 dan film terbaik sekaligus Audience Award di Jameson Dublin International Film Festival 2012.

Nah itulah daftar film Indonesia yang mendunia. Selain itu, ada juga film lainnya seperti, Ada Apa Dengan Cinta, Laskar Pelangi, Ayat-Ayat Cinta, Modus Anomali, Pintu Terlarang, Lovely Man serta The Wittnes yang merupakan film Indonesia yang sukses mendunia. BAca juga artikel menarik lainnya mengenai Film yang menginspirasi kehidupan.

Daftar Film Indonesia yang Mendunia | admin | 4.5