Daftar Orang Paling Kaya di Indonesia

Berdasarkan sebuah survei, beberapa orang kaya yang ada di Indonesia bukanlah mereka yang berada dari kalangan politik, pejabat negara ataupun dari eksekutif seperti pejabat negara, melainkan mereka yang dari kalangan pengusaha. Sebagai seorang pengusaha tentunya mereka juga pernah mengalami beberapa kisah pahit. Namun meskipun begitu, mereka tidak tidak mudah putus asa dan tetap menjalanjan bisnis hingga sukses seperti saat ini. Pastinya Anda penasaran kan siapa saja mereka? Nah berikut adalah daftar orang paling kaya di Indonesia.

Inilah Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Michael Hartono

Michael Hartono

Michael Hartono adalah pengusaha yang lahir di Kudus, 2 Oktober 1939. Pemilik perusahaan rokok Kretek Indonesia Djarum ini dalam menjalankan bisnisnya pun tidak selalu berjalan mulus. Beliau pernah hampir gulung tikar pada tahun 1960 an karena pabrik rokok yang ia kelola habis terbakar. Namun berkat usaha dan kerja kerasnya, saat ini beliau merupakan salah satu pengusaha terkaya di Indonesia yang memiliki total kekayaan senilai USD$ 6,5 milliar dollar AS. Selain pemilik perusahaan rokok bapak 4 anak ini juga merupakan pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA).

Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono merupakan adik dari pengusaha muda Michael Hartono. Beliau juga merupakan pendiri perusahaan rokok Kretek Indonesia Djarum dan beliau juga menguasai saham BCA. Tak hanya itu saja, Robert Budi Hartono juga memiliki perkebunan kelapa sawit seluar 65.000 hektar. Saat ini total kekayaan pengusaha yang satu ini adalah mencapai USD$ 6,2 milliar dollar AS. Dengan peringkat ke 194 dari orang terkaya di seluruh dunia.

Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo

Orang paling kaya di Indonesia selanjutnya adalah Susilo Wonowidjojo. Beliau merupakan Presiden Direktur dan pemiliki PT Gudang Garam. Beliau bukanlah pendiri utama dari pabrik tersebut malainkan sang ayah lah yang berhasil membangun dan mengembangkan pabrik rokok tersebut hingga memiliki nama yang besar hingga saat ini. Meskipun begitu, beliau juga tidak asal-asalan dalam menjalankan mandat dari sang ayah, Surya Wonowidjojo untuk meneruskan sebagai Presiden Direktur. Dengan posisi ke 295 dari orang paling kaya di seluruh dunia, kekayaan Susilo Wonowidjojo yaitu USD$ 3,7 milliar dollar AS.

Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja

Pengusaha yang satu ini dulunya merupakan dari keluarga miskin di Fujian, China. Namun beliau melakukan migrasi ke Indonesia pada tahun 1931 tepatnya di Makasar, Sulawesi Selatan. Beliau bermigrasi ke Makasar bersama sang ibu dengan cara berlayar selama 7 hari dengan kelas kapal yang palik buruk, yaitu mereka tidur di bawah kelas dek. Berkat keuletannya dalam menjalankan bisnis, pendiri sekaligus pemiliki dari Sinar Mas Group ini mampu menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar USD$ 3,1 milliar dollar AS.

Demikianlah ulasan tentang orang paling kaya di Indonesia.

Daftar Orang Paling Kaya di Indonesia | admin | 4.5