Danau Terdalam di Indonesia

Jika kemarin sudah membahas mengenai sungai terpanjang di dunia, namun pembahasan kali ini sedikit berbeda yaitu mengenai danau terdalam di Indonesia. Di Indonesia mempunyai sejumlah danau yang memiliki keindahan alam serta mempunyai kedalaman yang dapat mencapai ratusan meter.
Biasanya danau dipakai guna sarana rekreasi keluarga serta olahraga. Istilah danau juga merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air asin maupun air tawar. Namun kebanyakan dari danau adalah berupa air tawar. Nah danau-danau di bawah ini terletak di Indonesia yang mempunyai kedalaman mencapai ratusan meter dan digunakan untuk berbagai keperluan, berikut ulasannya.

Danau Terdalam di Indonesia

Danau Matano, 600 meter
Danau Matano merupakan sebuah danau yang terletak di Sulawesi Sealatan, tepatnya di ujung selatan pulau Sulawesi di Kota Sorowaku. Danau yang indah ini memiliki kedalaman mencapai 1.969 kaki atau sekitar 600 meter di atas permukaan air laut. Danau ini masuk sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dan masuk sebagai danau terdalam kedelapan di dunia. Danau ini dijadikan sebagai obyek wisata sekaligus untuk pemanfaatan lainnya.
Danau Toba, 529 meter
Danau terdalam di Indonesia berikutnya adalah Danau Toba. Siapa yang tidak pernah mendengar kata “Danau Toba” sebagai masyarakat Indonesia tentu pernah mendengar kata “Danau Toba”. Danau Toba terletak di Sumatra Utara, Medan. Danau Toba adalah danau vulkanik dengan ukuran panjang mencapai 100 km dan lebar 30 km. Danau ini juga mempunyai kedalaman mencapai 529 meter. Danau ini dijadikan tempat wisata selain Bukit Lawang dan Nias yang menarik perhatian para wisatawan domestik maupun mancanegara. 
Danau Poso, 450 meter
Danau Poso terletak di Sulawesi Tengah, Indonesia tepatnya berada di Kabupaten Poso. Danau yang memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km ini terletak di ketinggian 657 meter di permukaan air laut. Selain itu kedalaman danau Poso dapat mencapai 450 meter. Jika anda berkunjung ke danau ini, maka anda dapat melihat aktivitas seperti tempat pertenakan ikan belut, serta ikan sidat. Danau poso dikelilingi pohon cengkeh dan perbukitan. Ketika anda berkunjung pada bulan Juni sampai November, maka anda akan mencium bau harum bunga cengkeh karena pada bulan tersebut musim berbunga. Baca Juga Fenomena Alam yang Menakjubkan di Dunia
Danau Dibawah, 309 meter
Danau terdalam di Indonesia berikutnya adalah Danau Dibawah. Namanya memang terbilang cukup unik dan aneh, namun danau ini benar-benar ada. Danau Dibawah terletak di Sumatra Barat, Indonesia. Danau ini memiliki kedalaman maksimum mencapai 309 meter.
Danau Singkarak, 268 meter
Sumatra memang terkenal dengan berbagai danau yang terletak di dalamnya. Danau Singkarak berada di dua Kabupaten di Sumatra Barat yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak ini digunakan untuk keperluan PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung Padang Pariaman. Untuk kedalaman, Danau Singkarak memiliki kedalaman mencapai 268 meter.
Baiklah itulah pembahasan mengenai danau terdalam di Indonesia, yang memiliki keindahan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Sekian dan semoga menghibur dan menambah pengetahuan anda. Baca juga artikel Nama Asli Cak Lontong serta Fakta Hidup
Danau Terdalam di Indonesia | admin | 4.5