Fakta Unik Tentang Kucing

Kucing rumah merupakan salah satu hewan predator yang paling hebat di dunia dan mampu membunuh hingga beberapa ribu spesies yang mengalahkan kucing besar yakni macan,singa,harimau dan sejenisnya yang hanya bisa memangsa  kurang dari 100 spesies. Memang ukurannya terbilang sangatlah kecil tetapi tetap saja dapat menjadi ancaman bagi manusia. Walaupun ukurannya kecil dan bisa bersahabat dengan manusia tetapi manusia terus haruslah waspada apabila kucing itu terdapat virus rabies atau sudah ada yang terinfeksi rabies.

Tahukah kamu kucing telah bersosialisasi dengan manusia sejak 3500 tahun yang lalu. Orang mesir kuno mempercayai kucing dapat mengusir hama tikus dari hasil panen mereka. Di dunia ini terdapat 1 persen populasi kucing termasuk kucing ras dan sisanya adalah kucing kucing kampung oleh karena itu kucing ras adalah kucing yang sering dicari oleh para pecinta kucing dan mempunyai harga yang sangat mahal.
Kucing umumnya mempunyai berat badan kira – kira 2,5 kg – 7 kg ada juga yang melebihi 10 kg tetapi jarang. Kucing yang hidup di penangkaran mempunyai hidup kurang lebih 15 – 20 tahun dan di ketahui ada kucing yang bisa mencapai hidup hingga 36 tahun. Dan sementara kucing liar yang bisanya hidup di lingkungan kita biasanya Cuma hidup selama kurang lebih 2 tahun.
Di Negara – Negara lain kucing mempunyai sebutannya sendiri – sendiri misalnya di Indonesia bisa di panggil dengan istilah “meong” dan di amerika mempunyai sebutan “meow” kalau di inggris mempunyai sebutan “miaow” dan di jepang disebut dengan “nya”.
Hewan ini termasuk jenis hewan yang bersih dikarenakan mempunyai perilaku yang bersih. Kucing sering merawat dirinya dengan cara menjilati bulu – bulu mereka. Air liur kucing adalah merupakan agen pembersih yang sangat kuat tetapi air liur ini juga dapat memicu alergi pada manusia. Terkadang kucing memuntahkan gulungan rambut yang terkumpul di perutnya. Kucing juga dapat menyimpan energi dengan cara komposisi tidurnya lebih banyak apabila di bandingkan dengan hewan – hewan yang ain. Kucing mempunyai berbagai macam variasi pada saat tidur, ada yang tidur 12 -16 per hari dengan rata – rata 13 – 14 jam. Tetapi kita juga sering menjumpai kucing yang tidurnya kurang dari 20 jam dalam waktu 24 jam.

Pada zaman abad pertengahan kucing di anggap telah melakukan hubungan khusus dengan penyihir dan juga kerap di bunuh dengan cara di bakar maupun di lempar dari tempat yang tinggi. Ahli sejarah mengatakan bahwa wabah pes atau wabah black death penyebar dengan cepat di seluruh eropa pada abad ke 14 akibat percaya terhadap tahayul tersebut. Hal tersebut bisa terjadi di sebabkan oleh banyaknya kucing yang mati dibunuh dan sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa virus pes tersebut hingga populasi tikus tersebut tidak terkendali.
Fakta Unik Tentang Kucing | admin | 4.5