Gunung Tertinggi di Jawa

Di pulau jawa terdapat gunung yang memiliki ketinggian mencapai ribuan meter. Biasanya gunung-gunung tersebut digunakan untuk kegiatan pendakian bagi kalangan orang yang hobi. Dari puluhan gunung di pulau Jawa memiliki ketinggian yang berbeda-beda dan beragam. Letak dari gunung-gunung di Jawa tersebar dengan rata seperti di Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur. Namun hanya DKI Jakarta tidak memiliki gunung. Nah pembahasan berikut ini menyangkut mengenai daftar gunung tertinggi di Jawa, mungkin dapat membantu anda yang hobi pendakian untuk Anda jadikan sebagai referensi destinasi, berikut ulasannya.

Gunung Tertinggi di Jawa

Gunung Semeru 3.676 meter
Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru merupakan gunung tertinggi di Jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 diatas permukaan laut. Gunung ini terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru ini juga masih aktif dan menjadi gunung berapi yang aktif di Indonesia, selain gunung Merapi yang ada di Yogyakarta. Jalur pendakian yang sering dilalui adalah ranupani. Terdapat pesona alam luar biasa seperti danau dengan air yang dingin, pemandangan gunung Bromo dan Tengger serta terbentuklah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Semeru ini menjadi gunung favorit para pendaki gunung.
Gunung Slamet, 3.432 meter
Gunung tertinggi di Jawa berikutnya adalah Gunung Slamet. Gunung Slamet mempunyai ketinggian mencapai sekitar 3.432 di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di Jawa Tengah dan menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah. Letak gunung ini tepatnya di wilayah Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal serta Pemalang. Jalur pendakian gunung ini adalah bambangan, kali wadas, serta batu raden. Baca Danau Terdalam di Indonesia
Gunung Sumbing, 3.336 meter
Sebagai orang Jawa tengah tentu mengetahui Gunung Sumbing. Gunung Sumbing terletak di Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 3.336 meter. Untuk rute pendakian pada gunung Sumbing adalah garung dan cepit. Gunung ini juga banyak dikunjungi para pengendaki gunung.
Gunung Arjuna, 3.339 meter
Gunung Arjuna merupakan gunung tertinggi di Jawa yang menempati urutan keempat di pulau Jawa. Gunung ini mempunyai ketinggian 3.336 di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di wilayah Malang, Jawa Timur sebagai gunung berapi dengan tipe stratovolcano. Di wilayah gunung Arjuna ini terdapat salah satu Taman Hutan Raya (Tahura) Indonesia yaitu Taman Hutan Raya R.Suryo. Gunung ini bersebalahan langsung dengan gunung Welirang dengan ketinggian 3.156 meter di atas permukaan air laut.
Gunung Raung, 3.332 meter
Terletak di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Gunung Raung memiliki ketinggian mencapai 3.332 meter di atas permukaan air laut. Gunung ini mempunyai pemandangan yang indah seperti terdapat puncak kecil di atasnya. Untuk jalur pendakian seperti desa sumber wringin yang terletak di Kabupaten Bondowoso.
Nah itulah gunung tertinggi di Jawa, untuk urutan keenam dan ketujuh di tempati oleh Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 serta Gunung Welirang 3.156 meter di atas permukaan laut. Sekian dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel Tempat Wisata di Jawa Timur
Gunung Tertinggi di Jawa | admin | 4.5