Ikan Hias Air Tawar Terindah

Ikan hias air tawar lebih banyak diminati pecinta ikan hias di Indonesia dibanding ikan laut. Hal ini dikarenakan biaya perawatan ikan air hias air tawar lebih murah. Selain karena hobi, memelihara ikan hias merupakan hal yang menyenangkan. Anda juga dapat menggunakan keindahan ikan hias air tawar sebagai dekorasi ruangan. Bagi sebagian orang melihat ikan hias di dalam akuarium ataupun di kolam dapat membuat ketenangan tersendiri. Bahkan ada yang mempercayai jika memelihara ikan akan mendatangkan hoki.

Ada berbagai macam jenis ikan hias air tawar di Indonesia, potensi budidayanya pun sangat menjanjikan. Data dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya , Kementerian Kelautan, dan Perikanan, menunjukan bahwa Indonesia memiliki jenis ikan hias yang sangat beragam. Jenis-jenis ikan tersebut dapat dieksploitasi dan dibudidayakan. Ada lebih dari 400 spesies ikan hias yang dapat ditemukan di Indonesia.
Berikut beberapa ikan hias air tawar terindah yang banyak diminati di Indonesia.

Ikan Arwana

Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan ikan yang hidup di kawasan Asia Tenggara. Ada berbagai macam julukan tentang ikan ini, seperti ikan naga, ikan payang, siluk, silok, dan khayangan. Ikan arwana memiliki banyak jenis, di Indonesia jenis yang paling mahal dari ikan ini adalah super red. Bentuknya yang unik, tampiannya lebih gagah, dan ekor serta siripnya yang indah membuat ikan jenis ini bernilai tinggi. Baca juga Ikan terganas di dunia.

Ikan Discus

Ikan Discus

Ikan discus merupakan ikan hias yang berasal dari sungai Amazon. Ikan hias ini terkenal dengan bentuk tubuhnya yang ramping. Ikan ini disebut discus karena berbentuk seperti piringan (disc) dengan warna-warni yang cerah. Ikan ini merupakan ikan yang hidupnya berkelompok, panjang maksimal ikan hias air tawar ini mencapai 15 cm. Pembawaannya begetu tenang dengan warna-warni di tubuhnya membuat ikan discus terlihat cantik.

Ikan Koi

Ikan Koi
ikan hias jenis ini sangat cocok dipelihara di kolam. Keindahan ikan koi dapat kita lihat dari atas dengan warna-warni yang menghiasi tubuhnya. Jenis ikan hias ini mudah untuk dikembangkan, namun untuk menghasilkan ikan koi yang berkualitas cukup silit. Beberapa penggemar koi berani membayar jutaan rupiah untuk satu ikan jenis ini demi mendapatkan pola warna koi yang langka dan berkualitas.

Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan yang satu ini memiliki keistimewaan dan karakter yang unik, yaitu jika ada ikan cupang lain di area sekitar akan menjadi lebih agresif. Hal ini ditujukan dengan gerakannya serta sirip dan ekornya yang mengembang. Ada tiga macam jenis ikan cupang, yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar. Di Indonesia sendiri paling banyak diminati adalah ikan cupang hias, warna dan bentuk ikan ini terlhat elegan sehingga banyak yang memeliharanya.

Itulah beberapa ikan hias air tawa yang banyak diminati. Baca juga Ciri-ciri murai batu medan.

Ikan Hias Air Tawar Terindah | admin | 4.5