Inilah Daftar Makanan Khas Jawa Barat

 Jika berbicara tentang kuliner, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang kaya akan makanan dengan rasa yang sangat enak. Tak hanya warganya saja yang memiliki budaya dan perilaku yang ramah, makanan khas Jawa Barat juga dikenal sebagai makanan yang sangat ramah di mulut dan dikantong. Bagi masyarakat Sunda, tentunya sudah mengetahui apa saja makanan khas dari daerahnya. Namun seseorang yang bukan asli dari Sunda pastinya bertanya-tanya apa saja makanan khas di daerah tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar makanan khas Jawa Barat yang wajib Anda coba!

Daftar makanan khas Sunda yang paling populer

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang

Makanan khas Jawa Barat yang pertama adalah tahu Sumedang. Sama seperti dengan namanya, tahu Sumedang berasal dari daerah Sumedang, Jawa Barat. Makanan yang satu ini merupakan makanan favorit bagi setiap orang. Tahu Sumedang sendiri dibuat dari kedelai yang kaya akan protein. Sehingga hal tersebut tentunya sangat baik jika dikonsumsi oleh anak-anak. Kandungan proteinnya dapat menunjang masa pertumbuhan si kecil. Tahu Sumedang sangat nikmat jika dikonsumsi dengan menggunakan cabai rawit pedas ataupun dengan saos tomat.

Seblak basah

Seblak basah

Makanan khas Jawa Barat selanjutnya adalah seblak basah. Seblak basah merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk aci yang telah dikukus dan kemudian ditumis bersama dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Saat ini, seblak basah tidak hanya ditemui di kota Bandung saja, melainkan kota-kota lainnya juga sudah mulai merambah bisnis makanan khas Jawa Barat ini. Pada umumnya seblak basah tidak disajikan dalam keadaan renyah dan kering. Seblak memiliki tekstur kenyal dan memiliki sedikit kuah saat dihidangkan.

Colenak

Colenak

Nama colenak merupakan sebuah singkatan dari “dicocol enak”. Makanan khas Jawa Barat yang masih populer hingga sekarang ini merupakan makanan yang terbuat dari tape yang dibakar. Yang kemudian cara penyajiannya dilengkapi dengan saus yang terbuat dari gula merah dan parutan kelapa. Meskipun gosong saat di bakar, colenak mampu memberikan citarasa yang khas bagi setiap orang yang memakannya.

Tahu gejrot

Tahu gejrot

Pada umumya, makanan ini sama seperti tahu lainnya. Namun yang membedakan adalah cara memakannya. Saat memakan tahu biasanya kita menyantapnya langsung menggunakan tangan ataupun garpu. Namun berbeda dengan tahu gejrot, saat Anda menikmati tahu gejrot, Anda harus memakannya dengan menggunakan lidi dengan cara menusukknya. Tak hanya itu saja, sebelum memakannya, tahu gejrot juga harus dicocol dengan saus cabe yang biasa menemaninya. Sensasi rasa yang khas membuat tahu gejrot sangat digemari olah kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Nah itulah beberapa makanan khas Jawa Barat yang paling populer. Selain itu, ada juga makanan khas Jawa Barat yang lain yaitu nasi tutug oncom, karedok, perkedel bondon, gepuk, nasi timbel, cilok, cimol dan lainnya. Baca juga artikel tentang Makanan khas Jawa Timur paling populer.

Inilah Daftar Makanan Khas Jawa Barat | admin | 4.5