Inilah Negara Paling Dingin di Dunia

Seperti yang Anda ketahui salah satu tempat paling dingin di dunia adalah Antartika. Namun tahukah Anda, selain Antartika ada negara-negara di dunia yang merupakan negara paling dingin. Meskipun suhu udara di sana dapat mencapai minus belasan derajat, akan tetapi masih banyak manusia yang memilih untuk tinggal di negara tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut adalah negara paling dingin di dunia.

123

Daftar negara terdingin di dunia

Rusia

Negara paling dingin di dunia yang pertama adalah Rusia. Selain terkenal dengan para wanitanya yang cantik, Rusia juga terkenal sebagai salah satu negara yang paling dingin di dunia. Di Rusia musim dingin lebih panjang dari pada musim panas. Para pendduduk di sana harus merasakan musim dingin selama 8 bulan berturut-turut dalam satu tahunnya. Maka jangan heran jika Anda pergi ke Rusia Anda selalu mendapati orang Rusia yang menggunakan topi bulu dan mantel layaknya orang eskimo. Hal tersebut berguna untuk menghangatkan suhu tubuh mereka.

Kanada

Negara paling dingin yang kedua adalah Kanada. Saat musim dingin negara ini tercatat memiliki suhu terendah yaitu -63 derajat Celcius (-81,4 F). Ini disebabkan karena Kanada terletak di daerah pertemuan antara udara dingin dari udara hangat dan lembab dari Kutub Selatan serta udara dingin dari Kutub Utara. Saat musim dingin tiba Kanada seringkali diselimuti oleh salju yang sangat tebal, hal ini dikarenakan di daerah perbatasan wilayah Kanada membentang secara paralel.

Mongolia

Selanjutnya adalah Mongolia. Musim dingin di Mongolia biasnaya terjadi pada bulan November dan berakhir hingga bulan April. Musim dingin di sini pun membuat para penduduknya harus menggunakan mantel hangat dan membuat perapian di dalam rumah. Meskipun negara ini berada jauh di sekitar Kutub Utara, akan tetapi negara ini terletak dengan ketinggian 4900 meter di atas permukaan laut. Iklim gurun gesang yang ada di sana membawa musim dingin sekaligus musim panas.

Finlandia

Meskipun ada musim panas di negara ini, akan tetapi musim dingin yang terjadi di Finlandia sekitar 137 hari lamanya. Negara ini pun tercatat memiliki suhu terdingin hingga -33 derata Celcius. Selain dari faktor iklim, Finlandia tercatat sebagai negara terdingin dikarenakan diapit oleh beberapa negara yang terdingin pula, seperti Rusia, Norwegia serta Swedia.

Islandia

Yang terakhir adalah Islandia. Dibandingkan dengan negara lainnya, Islandia memiliki keunikan tersendiri yaitu negara ini akan menjadi negara terhangat akibat aliran Gulf Stream. Akan tetapi, negara ini pun dapat menjadi negara paling dingin di dunia akibat bentrokan antara air Gulf Stream dan udara Arktik.

Nah itulah beberapa negara paling dingin di dunia, jika Anda mengunjungi negara tersebut jangan lupa untuk membawa mantel serta baju hangat untuk melindungi diri dari udara dingin. Baca juga artikel tentang Perbatasan negara paling unik.

Inilah Negara Paling Dingin di Dunia | admin | 4.5