Kereta Tercepat di Dunia

Kereta api merupakan alat transportasi darat yang digunakan untuk mencapai tujuan di daerah lain. Alternatif transportasi darat selain bus ini bnayak digemari oleh masyarakat. Seperti halnya pada pesawat, kereta juga memiliki kelas seperti adal kelas ekonomi da nada juga kelas eksekutif. Kebanyakan orang menyukai naik kereta karena tanpa macet dan biayanya relative terjangkau.
Di Indonesia sudah banyak kereta yang beroperasi dari daerah ke daerah. Kecepatannya sendiri mencapai ratusan km/jam. Namun di dunia ini terdapat kereta yang dianggap super cepat dengan kecepatan yang fantastis. Dengan menggunakan teknologi canggih, membuat kereta di beberapa negara di dunia memiliki kecepatan luar biasa yang dapat menempuh jarak ratusan kilometer hanya dengan hitungan beberapa jam saja. Langsung saja berikut merupakan kereta tercepat di dunia yang sudah di rangkum dari beberapa sumber.

Kereta Tercepat di Dunia

Shinkansen, Jepang
Jepang terkenal dengan teknologi majunya dalam berbagai bidang seperti robotik, persenjataan, bahkan sampai dengan alat transportasi. Salah satu dari teknologi Jepang yang maju adalah dengan adanya sistem kereta api dengan kecepatan tinggi yang meliputi seluruh negeri Sakura tersebut. Shinkansen merupakan salah satu kereta api tercepat di dunia yang memiliki kecepatan 300 km/jam dengan mempunyai kecepatan maksimal mencapai 581 km/jam.Selain itu kereta api cepat ini juga dikenal super aman, karena sudah terbukti 40 tahun beroperasi tanpa mengalami satu kecelakaan yang berarti. Kereta api ini menggunakan track atau lintasan dengan teknologi magnetic levitation.

Shanghai Maglev Train, China
Kereta super cepat kali ini terletak di China dengan nama Shanghai Maglev Train. Kereta ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 dengan beberapa akses di kota-kota di China. Seperti halnya kereta api Jepang, kereta super cepat ini menggunakan teknologi magnetic levitation. Kecepatan Shanghai Maglev Train saat beroperasi mencapai 431 km/jam serta mempunyai kecepatan maksimal mencapai 500 km/jam. Baca juga artikel Tempat Wisata di Jogja
CRH. China
Kereta tercepat di dunia berikutnya adalah CRH yang terletak di China. Kereta super cepat ini dioperasikan pertama kali pada tahun 2010 dengan rute kota Beijing, Shanghai, Guangzhou, Wuhan, dan lain sebagainya. Kereta ini mempunyai kecepatan maksimum mencapai 487 km/jam dan saat berjalan mencapai kecepatan 349 km/jam. CRH memiliki berbagai model seperti CRH 1 sampai CRH 5 dengan didasarkan menggunakan teknologi Velero Sony Ericsson.
Ice 3, Jerman
Intercity Express atau Ice 3 ini merupakan kereta super cepat andalan Jerman. Kereta ini mengarungi berbagai rute seperti Frankurt, Munich, serta kota-kota di Jerman lainnya. Kereta ini diluncurkan pada tahun 2000 dengan memiliki kecepatan mencapai 368 km/jam.

TGV, Perancis
TGV di Perancis juga masuk ke dalam daftar kereta tercepat di dunia. Kereta super cepat ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 dengan memiliki kecepatan maksimal mencapai 574 km/jam. Kereta TGV ini memiliki rute perjalanan seperti Paris, Strabourg, Rhin-Rhone, dan lain sebagainya.
Nah itulah pembahasan mengenai kereta tercepat di dunia, dengan menggunakan teknologi canggih. Kereta super cepat lainnya seperti Ave Series, Spanyol dengan memiliki kecepatan mencapai 402 km/jam, Sancheon milik Korea Selatan dengan kecepatan mencapai 349 km/jam. Baca juga artikel Gunung Tertinggi di Indonesia
Kereta Tercepat di Dunia | admin | 4.5