Kisah Sukses Bob Sadino, Memilih Miskin Sebelum Kaya

Tidak banyak yang tahu di balik kesuksesan Bob Sadino, pria yang sukses menjalani hidupnya yang berliku sebelum sukses. Sebelum seperti sekarang, dulu Bob sempat menjadi supir taxi bahkan menjadi kuli bangunan yang digaji 100 rupiah pada waktu itu. Entrepreneur yang selalu berpenampilan eksentrik ini cukup membuat orang bangga melihatnya. Gaya berpakaiannya pun sangat sederhana dengan menggunakan celana pendek jins dan kemeja lengan pendek. Ya, itulah Bob Sadino, seorang yang dulunya kuli bangunan yang sekarang sukses merintis usahanya.
Pendiri Kem Chicks ini selalu menggunakan celana pendek saat berdinas. Om Bob yang bernama asli Bambang Mustari Sadino, selalu menggunkan pakaian ini disaat berdinas, santai, mengisi seminar entrepreneur, bahkan bertemu pejabat negara seperti presiden. Bagi sebagian orang mungkin ini terlihat aneh, tapi itulah Bob Sadino.
Pria kelahiran Lampung, 9 Maret 1933, mempunyai banyak cerita yang menjadi motivasi bagi setiap orang. Kemapanan yang diperoleh sempat menjadi hal yang membosankan dalam hidupnya. Walaupun keluarga berkecukupan, namun Bob sempat memilih untuk menjadi orang miskin. Pada usia 19 tahun, Bob menjadi yatim piatu dan mendapat warisan dari harta keluarganya. Kemudian dengan warisan tersebut Bob menggunakannya untuk berkeliling dunia seperti negara-negara di Eropa. Sewaktu di Belanda, Bob tinggal selama 9 tahun dan bekerja di Djakarta Lylod di Amsterdam. Selama berkeliling Eropa, Bob bertemu dengan Seoelami Soejoed dan kemudian menjadi istrinya.
Dengan kemapanan yang didapat di Eropa membuat Bob jenuh dan memutuskan kembali ke Indonesia pada tahun 1967. Bob keluar dari pekerjaannya dan membuat usaha sendiri dengan mobil pribadi yang dijadikan taxi gelap. Namun semuanya berakhir ketika Bob mengalami kecelakaan dan membuat mobilnya hancur. Waktu itu Bob memilih menjadi kuli bangungan dengan gaji Rp 100. Ia merasakan bagaimana hidup dengan tidak memiliki uang yang kemudian diketahui oleh teman-temannya di Eropa. Mereka menawarkan bantuan tetapi Bob menolaknya.
Bob mulai bangkit ketika merintis bisnis telur ayam negeri yang disarankan temannya. Ia menjadi orang pertama yang memperkenalkan telur ayam negeri di Indonesia. Ketika bisnis telur ayam mulai berkembang kemudian Bob bejualan daging ayam, yang hingga sekarang menjadi PT Kem Foods. 
Jerih payah Bob yang panjang membuat dirinya sebagai ikon entrepreneur yang dikenal di seluruh Indonesia. Menurut Bob, jika ingin menjadi seorang entreprenuer sejati harus mencoba secara langsung bukan hanya dengan teori. Kemauan untuk bekerja keras, berani mengambil resiko, adalah hal yang harus dihadapi dalam hidup. Untuk menjadi sukses Bob merumuskan empat hal yaitu tahu, bisa, terampil, dan ahli. Baca juga artikel menarik kebudayaan Indonesia yang mendunia.
Kisah Sukses Bob Sadino, Memilih Miskin Sebelum Kaya | admin | 4.5