Kota Termacet di Indonesia

Banyak kota di Indonesia yang mengalami kemacetan yang sangat parah, bahkan kemacetan ini membuat laju kendaraan berhenti dan berjalan dengan kecepatan sangat rendah. Hal tersebut tentunya akan membuat jengkel para pengendara kendaraan. Biasanya kemacetan terjadi di daerah perkotaan yang padat setiap harinya.
Banyak faktor kemacetan diantaranya seperti lalu lintas kendaraan yang sangat padat, parkir kendaraan sembaranga, dan lain sebagainya. Nah kemacetan di Indonesia sendiri sudah taka sing lagi apalagi di kota-kota besar. Kementrian Pekerjaan Umum telah menghitung kemacetan kota di Indonesia dengan membandingkan kapasitas jalan dengan kendaraan lewat. Untuk anda yang penasaran, berikut adalah daftar Kota Termacet di Indonesia yang di rangkum dari beberapa sumber.

Daftar, Kota Termacet di Indonesia

Kota Bogor
Kota Bogor merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kota ini terletak 59 km di sebelah selatan Jakarta, wilayahnya terletak di tengah Kabupaten Bogor. Bogor menjadi salah satu kota termacet di Indonesia. Kota yang dikenal dengan istilahnya yaitu “Kota Hujan” mempunyai rata-rata kecepatan kendaraan hanya 15,32 km/jam. Tentunya hal ini disebabkan berbagai faktor, misal kota Bogor dijadikan destinasi untuk liburan terutama warga Jakarta yang terkenal dengan puncaknya. Selain itu kondisi jalan yang tidak bisa memenuhi volume kendaraan. Namun hal tersebut masihmenjadi perdebatan karena Walikota Bogor tidak terima dengan hal tersebut.
DKI Jakarta
Daerah Khusus Ibukota Jakarta merupakan ibu kota Tanah Air negara Indonesia. Jakarta terletak di sebelah barat pulau Jawa dan menjadi kota dengan industrinya, bisnis, politik, budaya, dan lain sebagainya. Banyak masyarakat daerah yang merantau untuk mengadu nasib di kota tersebut. Jakarta memang terkenal dengan kota Metropolitannya, selain itu juga terkenal dengan kemacetannya. Padatnya penduduk dan banyaknya volume kendaraan membuat kemacetan terjadi di kota Jakarta. Rata-rata kecepatan di kota tersebut adalah sekitar 10-20 km/jam. Baca Juga Artikel Jam Tangan Termahal di Dunia.
Bandung
Bandung adalah kota yang terletak di Jawa Barat dan menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini mudah di akses ketika dari arah Jakarta, karena hanya berjarak 140 km dan dapat di lalui lewat jalan tol. Di kota Bandung ini banyak hal bersejarah dan banyak juga perguruan tinggi yang menjadi salah satu perguruan tinggi top di Indonesia. Kota Bandung juga menjadi kota terbesar di urutan ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Namun sayangnya kemacetan sering terjadi di kota tersebut. Rata-rata kemacetan di kota Bandung adalah sekitar 14,3 km/jam. Pada tahun 1990 kota Bandung menjadi salah satu kota paling aman di dunia menurut survey majalah Time.
Surabaya
Surabaya menjadi salah satu kota di Indonesia yang masuk ke dalam daftar kota termacet di Indonesia. Surabaya adalah ibu kota provinsi Jawa Timur dan terkenal dengan istilah “kota Pahlawan”. Surabaya menjadi kota terbesar di urutan kedua setelah Jakarta. Kota ini terkenal dengan berbagai aktivitas seperti bisnis, industry, perdagangan, pendidikan, dan lain sebagainya. Seperti kota besar lainnya, kota Surabaya juga mempunyai kemacetan yang tak terhindarkan, dengan kecepatan rata-rata laju kendaraan sekitar 21 km/jam.
Nah itulah daftar kota termacet di Indonesia, dan untuk ibu kota Jawa Tengah, Semarang menduduki di posisi ke sepuluh dengan rata-rata kecepatan mencapai 27 km/jam dan untuk urutan kelima di duduki oleh Depok dengan rata-rata kecepatan 21,4 km/jam. Sekian dan semoga bermanfaat. Baca Juga Fakta Unik Mengenai Mimpi yang Harus Kamu Ketahui.
Kota Termacet di Indonesia | admin | 4.5