Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat di Dunia

Fenomena gunung meletus salah satu fenomema alam yang sering kita jumpai baik di Indonesia ataupun luar negeri. Di Indonesia sendiri ada beberapa gunung aktif yang sewaktu-waktu dapat meletus salah satunya yaitu gunung Merapi yang terletak di Yogyakarta. Namun tahukah Anda gunung berapi apa saja yang memiliki letusan yang sangat besar? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah letusan gunung berapi paling dahsyat di dunia.

Gunung Tambora

Letusan gunung berapi terbesar di dunia

Gunung Vesuvius

Letusan gunung berapi paling dahsyat yang pertama adalah  letusan gunung Vesuvius. Gunung ini terletak di teluk Maples, Italia Selatan.  Sejauh ini, gunung ini tercatat pernah meletus hingga 30 kali. Namun letusan yang paling dahsyat terjadi pada tahun 78 Masehi yang lalu. Menurut arkeolog, akibat letusan gunung ini ada sekitar 1.000 orang yang menjadi korban. Hal ini dikarenakan letusan abu dan lava  yang terjadi selama berhari-hari tersebut mengubur kota Pomeli selama 1600 tahun.

Gunung Tambora

Letusan Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815 tersebut mampu mengguncang kawasan Sumbawa, Indonesia dengan kekuatan 7,00 skala Ritcher. Dengan kekuatan itu, hal tersebut tentunya merusak apa saja yang ada di sekitarnya. Akibat letusan gunung ini, panas yang menyembur mampu melubangi atmosfer dan mengubah iklim dunia pada satu  tahun setelahnya yaitu 1816 silam. Tak hanya itu saja, gunung ini juga menyebabkan puluhan ribu orang tewas dan dampak lainnya dari letusan gunung ini adalah terjadinya tsunami kemudian kelaparan dan penyakit.

Gunung Krakatau

Siapa yang tidak mengetahui gunung yang satu ini? gunung Krakatau merupakan salah satu gunung yang terletak di Selat Sunda, Indonesia. Gunung yang meletus pada tahun 1883 ini menyebabkan dampak buruk bagi penduduk sekitar. Letusan gunung berapi yang satu ini, mengakibatkan kurang lebih  36.000 ribu jiwa meninggal. Tak hanya itu saja, saat gunung ini meletus, bunyi letusan gunung krakatau sampai terdengar di pulau Rodrigues dekat afrika dan juga di Alice Springs, Australia.

Mount Pelee

Letusan gunung berapi paling dahsyat selanjutnya adalah Mount Pelee. Saat ini gunung yang terletak di Martinique, Prancis ini merupakan salah satu tempat wisata di Perancis yang paling banyak dikunjung oleh para wisatawan. Pada April 1902, gunung ini hanya dimulai dengan letusan kecil dan hanya mengeluarkan asap. Namun  pada tanggal 8 mei 1902, gunung ini mulai meluapkan lahar dan awan yang beracun yang meluncur dengan deras dari gunung tersebut. Letusan gunung tersebut menewaskan orang lebih dari 32.000. Dengan temperatur 1075 derajat, lahar  yang disemburkan gunung ini telah mendidihkan kota St. Pierre yang ada di bawahnya.

Demikianlah ulasan tentang letusan gunung berapi paling dahsyat di dunia. Baca juga artikel tentang Gunung tertinggi di dunia.

Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat di Dunia | admin | 4.5