Macam Macam Candi di Indonesia

Sebagai warga Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar candi. Di Indonesia terdapat banyak candi peninggalan nenek moyang jaman dahulu yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Tidak hanya itu saja, bahkan salah satu candi yang terdapat di Indonesia masuk ke dalam salah satu keajaiban dunia dari UNESCO. Biasanya candi-candi tersebut digunakan untuk acara keagamaan dan juga untuk obyek wisata bagi pengunjung lokal maupun asing. Langsung saja berikut adalah macam macam candi yang ada di Indonesia.

Macam Macam Candi di Indonesia

Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan salah satu candi umat Hindu yang terletak di Indonesia dan juga terbesar di Asia Tenggara. Candi Prambanan terletak di Yogyakarta. Candi ini dikenal juga sebagai candi Roro Jonggrang yang menyimpan banyak cerita sejarah di masa lalu. Terdapat beberapa halaman pada candi Prambanan seperti halaman pertama yang dianggap sebagai halaman paling suci, karena halaman tersebut terdapat 3 candi utama yaitu Siwa, Wisnu, dan Brahma yang merupakan tiga dewa tertinggi dalam agama Hindu, untuk halaman kedua lebih rendah dari halaman pertama. Pada halaman kedua ini terdapat 224 buah candi.
Candi Borobudur
Tentu sudah tidak asing lagi candi yang satu, Candi Borobudur pernah masuk ke dalam 7 keajaiban di dunia yang merupakan sebagai warisan dunia dari UNESCO. Candi ini peninggalan umat Budha dan sebagai candi Budha terbesar di dunia. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada masa kerajaan dinasti Syeilendra. Terdapat berbagai patung dan relief-relief di dalam candi ini.Baca Juga Fakta Tentang Pria
Candi Mendut
Candi yang terletak di Indonesia berikutnya adalah Candi Mendut. Candi ini terletak 3 km dari arah candi Borobudur. Seperti halnya candi Borobudur, candi Mendut juga merupakan candi peninggalan umat Budha. Yang unik adalah candi ini lebih tua daripada candi Borobudur dengan dibangun pada tahun 824 masehi. Banyak peziarah yang datang ke tempat ini mulai dari orang Indonesia sampai dengan orang asing.
Candi Muara Tikus
Candi yang satu ini terletak daerah Riau Sumatra Barat dan merupakan candi peninggalan umat Budha. Candi Muara Tikus banyak dikunjungi oleh wisawatan yang ingin melihat-lihat lokasi, dan dijadikan sebagai obyek wisata. Yang membuat unik dan membedakan candi ini dengan candi yang ada di Jawa adalah materi bahan yang digunakannya. Candi Muara Tikus berbahan batu bata merah sedangkan kebanyakan candi yang ada di Jawa menggunakan batu andesit.
Candi Gedong Songo
Sebagai warga Semarang tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar “Candi Gedong Songo”. Candi ini terletak di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi Gedong Songo merupakan candi peninggalan agama Hindu yang terletak di Jawa Tengah. Candi ini digunakan untuk obyek wisata, karena terdapat pemandangan alam yang indah dan juga memiliki udara segar. Terdapat 9 candi yang tersebar di lereng Ungaran yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisawatan.
Nah itulah macam macam candi di Indonesia, perlu diingat masih banyak candi yang tersebar di wilayah Indonesia mengingat banyaknya kerajaan jaman dahulu yang ada di Indonesia. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel  Tempat Wisata di Jogja
Macam Macam Candi di Indonesia | admin | 4.5