Macam-macam Permainan Tradisional Anak Indonesia

Seperti yang Anda ketahui berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki dampak yang sangat baik bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah dapat mempermudah dan membantu setiap orang untuk mengerjakan sesuatu. Akan tetapi berkembangnya teknologi juga dapat membuat perubahan mengenai permainan anak. Anak jaman sekarang sudah jarang mengetahui apa saja macam-macam permainan tradisional. Meskipun tidak pernah bermain permainan tersebut, setidaknya Anda tahu apa saja permainan tradisional anak Indonesia yang paling populer. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Congklak

Macam-macam permainan tradisional paling populer

Congklak

Permainan yang pertama adalah congklak. Congklak merupakan salah satu permainan tradisional yang sudah mulai hilang. Permainan tradisional ini dikenal dengan berbagai macam nama di Indonesia. Di Jawa, permainan ini lebih dikenal sebagai dhakonan, dakon, dhakon ataupun congklak, di Sumatera congklak dikenal dengan nama congkak. Sedangkan di Lampung permainan tradisional yang satu ini dikenal dengan sebutan dentuman lamban. Biasanya permainan ini menggunakan cangkang kerang untuk bijinya, namun jika tidak ada batu-batuan, biji-bijian serta tumbuh-tumbuhan juga dapat dimanfaatkan untuk memainkan congklak.

Kasti

Yang kedua adalah kasti. Pada umumnya permainan ini hampir sama dengan softball. Sebelum bermain kasti, pastikan Anda mengetahui cara bermain kasti dan peraturannya. Permainan ini dimainkan oleh dua regu. Satu regu untuk menjadi pemukul dan satu regu untuk menjadi penjaga.

Bola kasti yang sudah dipukul mengharuskan pemukul berlari menuju pos-pos yang ditentukan. Game ini akan terus berlanjut jika anggota pemukul tidak ada yang terkena pola yang dilempar oleh regu penjaga.

Petak umpet

Macam-macam permainan tradisional selanjutnya adalah petak umpet. Petak umpet merupakan salah satu permainan tradisional yang mulai hilang. Permainan ini diawali dengan menentukan siapa yang akan jaga dengan cara hompimpah ataupun lainnya. Jika sudah ditentukan siapa yang akan menjaga, maka penjaga akan menutup mata menghadap tembok ataupun pohon untuk dijadikan pos. Dan ketika penjaga menghitung anak-anak yang lain pun akan bersembunyi agar tidak ditemukan oleh penjaga. Ketika hitungan selesai penjaga akan meninggalkan pos dan mencari anak-anak lain. Permainan akan selesai jika penjaga menemukan salah satu anak dan kemudian berlari menuju dan menyentuh pos dengan menyebutkan nama tersebut. Jika penjaga tidak menyentuh pos maka permainan akan diulang dari awal.

Layang-layang

Hingga saat ini layang-layang masih digunakan anak-anak untuk bermain. Biasanya permainan ini banyak dimainkan anak-anak ketika musim kemarau datang karena anginnya yang besar. Layang-layang yang digunakan dapat dibeli ditoko-toko terdekat ataupun dengan membuatnya sendiri. Hal yang seru saat memainkan permainan ini adalah ketika layang-layang dapat diterbangkan.

Nah itulah beberapa macam-macam permainan tradisional anak Indonesia paling populer.

Macam-macam Permainan Tradisional Anak Indonesia | admin | 4.5