Makanan Khas Bali yang Paling Populer

Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia yang merupakan salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan baik dari domestik ataupun mancanegara. Hal ini dikarenakan wisata di Bali memiliki tempat wisata yang sangat indah dan wajib Anda kunjungi. Namun tak hanya itu saja, selain memiliki tempat wisata yang menarik, Bali juga kaya akan makanan khas yang sama seperti provinsi lainnya yang ada di Indonesia.

betutu

Jika Anda pernah mengunjungi Bali, pastinya Anda sudah pernah mencicipi salah satu makanan khas yang ada di sana. Akan tetapi jika Anda belum pernah mengunjunginya, berikut adalah makanan khas Bali yang populer!

Makanan khas Bali yang wajib Anda coba

Bebek atau ayam betutu

Bagi Anda yang pernah ke Bali, pastinya tidak asing dengan makanan yang satu ini. Ya, bebek atau ayam betutu. Betutu merupakan salah satu makanan khas Bali yang paling terkenal dan biasanya terbuat dari ayam ataupun bebek utuh yang semua organ dalamnya dikeluarkan. Perut ayam dan bebek yang kosong akan digantikan dengan bumbu khas Bali yang kemudian dipanggang. Konon katanya, makanan yang berasal dari Kuta, Bali ini adalah makanan kesukaan para raja di Bali.

Sate lilit

Yang kedua adalah sate lilit. Berbeda dengan sate pada umumnya yang biasanya terbuat dari daging ayam ataupun kambing, sate lilit khas Balo terbuat dari ikan yang dihaluskan, ditambahkan sedikit tepung serta bumbu-bumbu khas Bali yang kemudian dililitkan pada kayu ataupun pada batang serai. Sate lilit memiliki rasa yang khas, yaitu manis, gurih, pedas dan wangi yang hasilkan dari aroma batang serai. Tak hanya enak, sate lilit juga sehat karena sate ini rendah lemak sehingga tidak dapat menyebabkan kolesterol ataupun berat badan bertambah.

Sate plecing

Makanan khas Bali yang selanjutnya adalah sate plecing. Selain sate lilit, Bali juga memiliki jenis sate lainnya yaitu sate plecing. Yang membedakan sate plecing dengan sate lainnya adalah bumbu plecing. Bumbu plecing sendiri merupakan makanan khas dari Lombok dan Bali yang terbuat dari cabai rawit, tomat, terasi, garam dan sedikit tetesan jeruk limau. Sate plecing khas Bali biasanya menggunakan ikan laut, babi ataupun daging ayam sebagai bahan dasarnya.

Lawar

Lawar adalah makanan yang terbuat dari campuran sayuran yang direbus, daging cincang dan parutan kelapa yang dipanggang. Sayur yang biasa digunakan adalah kacang-kacangan, nangka muda, daun jarak dan pepaya muda. Sedangkan untuk dagingnya, para warga biasanya memanfaatkan daging sapi, babi, ayam, itik dan penyu untuk campuran.

Nah itulah beberapa makanan khas Bali yang populer. Selain itu, makanan khas Bali yang dapat Anda coba lainnya adalah bubur mengguh, nasi jinggo, serombotan, tum ayam, babi guling dan juga nasi tepeng. Baca juga artikel mengenai Makanan khas Jawa Tengah.

Makanan Khas Bali yang Paling Populer | admin | 4.5