Makanan Khas Jawa Timur yang Paling Populer

Berkunjung ke Kota Pahlawan, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan di sana. Jawa Timur merupakan provinsi yang terbagi dari berbagai daerah, setiap daerah yang ada di Jawa Timur, tentunya memiliki makanan khas yang berbeda-beda. Dari pada penasaran, berikut adalah makanan khas Jawa Timur yang paling populer dan wajib Anda coba.

Makanan khas Jawa Timur yang paling Favorit

Bakso Malang

Bakso Malang

Siapa yang tidak mengenal dengan makanan yang satu ini? Bakso merupakan salah satu masakan Indonesia yang mendunia. Berbeda dengan bakso pada umumnya, bakso Malang memiliki ciri khas tersendiri. Jika bakso biasanya hanya menghidangkan bulatan bakso dengan mie dan kuah, bakso Malang memiliki tambahan lainnya, seperti pangsit goreng, tahu dan juga siomay. Di Malang, Jawa Timur sendiri pedagang bakso yang paling terkenal adalah Henky Eko Sriyantono. Beliau merupakan pemiliki usaha bakso Malang Kota Cak Eko.

Tahu tek

Tahu tek

Makanan khas Jawa Timur yang kedua adalah tahu tek. Nama ‘Tek’ sendiri berasal dari bunyi gunting yang digunakam untuk memotong tahu, kentang dan telur yang berbunyi tek tek tek. Saat Anda membeli makanan khas yang satu ini Anda akan suguhi makanan yang terdiri dari tahu goreng, kerupuk, mentimun, kentang goreng dan juga tauge. Setelah semuanya siap, campuran tersebut akan disiram dengan bumbu yang terbuat dari campuran kacang tanah, petis, bawang putih, air dan juga cabe.

Rawon

Rawon

Selanjutnya adalah rawon, rawo merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang berupa sup daging dengan kuah berwarna hitam. Warna hitam sendiri berasa dari kluwak. Daging yang biasa digunakan untuk campuran rawon adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Masakan yang satu ini juga memanfaatkan bumbu rempah-rempah khas Indonesia untuk menambah citarasa yang sedap, yaitu lombok, bawang putih, bawang merah, laos atau lengkuas, kluwek, minyak nabati, serai, ketumbar kunir dan juga garam serta gula.

Lontong balap

Lontong balap

Pada umumnya lontong balap sama seperti lontong tahu yang biasa kita jumpai yaitu terdiri dari lontong, tahu goreng, kecap, sambal, petis dan juga tauge. Nama lontong balap sendiri berasal dari ketika makanan ini dijual dalam gentong yang sangat berat. Hal ini membuat para penjualnya harus berjalan dengan cepat. Sehingga terkesan seperti orang akan balapan.

Rujak cingur

Rujak cingur

Rujak adalah makanan yang sangat nikmat jika dikonsumsi saat sedang bersantai ataupun kumpul bersama teman. Salah satu jenis rujak yang dapat Anda nikmati adalah rujak cingur. Makanan tradisional yang berasal dari Surabaya yang paling populer. Yang membedakan rujak ini dengan rujak lainnya adalah adanya lontong, bendoyo, cingur, tahu dan tempe dalam campuran rujan cingur.

Nah itulah beberapa makanan khas Jawa Timur yang paling populer. Baca juga artikel tentang Wisata kuliner di Semarang dan sekitarnya.

Makanan Khas Jawa Timur yang Paling Populer | admin | 4.5