Makanan Khas Lombok yang Wajib Anda Cicipi

Lombok merupakan pulau yang terletak di sebelah timur pulau Bali yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Menurut para wisatawan, tempat wisata di Lombok tidak kalah jauh dengan Bali. Tak hanya kaya dengan tempat wisatanya saja, Lombok juga kaya akan makanan khas yang dapat menarik banyak wisatawan datang ke sana. Bagi Anda pecinta kuliner nusantara, tak ada salahnya untuk sesekali mencoba makanan khas Lombok. Pastinya Anda penasaran kan? Untuk lebih jelasnya berikut adalah makanan khas Lombok yang wajib Anda cicipi!

Mencoba wisata kuliner khas Lombok

Plecing kangkung

Plecing kangkung

Makanan khas Lombok yang pertama adalah plecing kangkung. Banyak orang yang menyepelekan jenis sayuran yang satu ini. Akan tetapi bagi pulau Lombok, kangkung merupakan salah satu sayuran yang digunakan untuk membuat makanan khas. Plecing kangkung sendiri terdiri dari kangkung yang direbus ditambah dengan sambal tomat yang terbuat dari racikan garam, tomat, terasi dan juga cabai rawit. Yang perlu Anda ketahui kangkung khas Lombok memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan kangkung yang ada di Pulau Jawa. Tak hanya itu saja, saat menikmati makanan ini, biasanya ditambahkan pula tauge dan kacang goreng untuk menetralisir rasa pedas.

Ares

Ares

Makanan khas Lombok yang kedua adalah ares. Pada umumnya makanan ini merupakan makanan tradisional Suku Sasak yang biasanya disajikan pada acara pernikahan. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ares sangat terkenal sehingga menjadi makanan khas Lombok. Makanan yang memiliki bahan utama pelepah pisang itu memiliki rasa yang gurih dan manis. Ares sangat nikmat jika dimakan dengan menggunakan nasi putih hangat.

Ayam taliwang

Ayam taliwang merupakan makanan khas Lombok selanjutnya. Bagi Anda penyuka pedas, jangan pula untuk mencicipi makanan yang satu ini. Ayam taliwang dapat dimasak dengan berbagai pilihan antara lain dibakar, digoreng ataupun dipanggang dan akan semakin enak jika ayam yang digunakan adalah ayam yang memiliki umur masih muda. Salah satu tempat rekomendasi untuk makan ayam taliwang adalah di Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama yang terletak di Cakranegara.Ayam taliwang

Sate tanjung

Sate tanjung

Berbeda dengan sate biasanya yang berbahan dasar kambing atau ayam, sate tanjung adalah sate khas Lombok yang berbahan dasar ikan langoan atau ikan cakalang. Makanan ini sangat cocok Anda nikmati bersama dengan nasi hangat atau lontong sesuai dengan selera Anda. tak hanya itu saja. campuran dari ikan dan rempah-rempah yang dibakar akan membuat tubuh seseorang yang mengonsumsinya terasa bugar dan hangat.

Nasi balap puyung

Nasi balap puyung

Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, rasa pedas dari nasi balap puyung akan membuat Anda yang mengonsumsinya ingin lagi dan lagi. Makanan ini terdiri dari belut goreng, suwiran ayam, kacang kedelai, taburan udang kering dan juga abon. Di Lombok sendiri, warung makan nasi balap puyung yang terkenal adalah nasi balap puyung cap Inaq Esun yang berlamat di Desa Puyung, Lombok Tengah.

Demikianlah ulasan tentang makanan khas Lombok yang wajib Anda cicipi. Baca juga artikel mengenai Makanan khas Bali paling populer.

Makanan Khas Lombok yang Wajib Anda Cicipi | admin | 4.5