Makanan Khas Papua yang Paling Terkenal dan Populer

Papua merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian Timur Indonesia. Selain terkenal dengan tempat wisata terbaik di Indonesia yaitu Raja Ampat, Papua juga memiliki makanan khas yang tidak kalah nikmat dengan makanan khas provinsi lain yang ada di Indonesia. Jika Anda pernah mengunjungi Papua, pastinya Anda sudah mengetahui apa saja makanan khas yang ada di sana. Nah berikut adalah makanan khas Papua yang paling terkanal dan populer.

Makanan khas Papua yang wajib Anda coba

Papeda

Papeda
Makanan khas Papua yang pertama adalah papeda. Pada umumnya papeda memiliki rasa yang hambar oleh karena itu, untuk menciptakan rasa saat menikmati makanan yang satu ini, biaasanya papeda dimakan dengan ikan seperti mubara atau tongkol dengan bumbu kuning. Makanan khas Papua yang satu ini diolah dan dimasak sama seperti bubur yaitu papeda memiliki tekstur lengket seperti lem dan berwarna putih.

Sate ulat sagu

Sate ulat sagu
Seseorang yang belum terbiasa mengonsumsi makanan yang satu ini pastinya akan merasa mual dan muntah saat mengonsumsinya. Ulat sagu bisa didapatkan dengan mudah dari batang pohon sagu yang sudah tua. Para masyarakat asli Papua yang hidup di pedalaman sudah biasa mengonsumsi ulat sagu. Makanan ini dapat dinikmati dengan cara dibakar dan dijadikan sate ataupun dikonsumsi secara langsung.

Udang selingkuh

Udang selingkuh
Tak hanya manusia saja yang dapat berselingkuh, dalam kehidupan nyata udang pun dapat berselingkuh. Ya, udang selingkuh merupakan salah satu makanan khas dari Papua. Dikatakan sebagai udang selingkuh karena badannya mirip seperti udang, akan tetapi memiliki tangan atau capit sama seperti kepiting. Makanan ini sangat populer di daerah Wamena, Papua Barat. Saat Anda mengunjungi wilayah ini, tidak ada salahnya untuk mencicipinya. Udang selingkuh biasanya disajikan dengan cara digoreng, direbus ataupun dibakar.

Ikan bakar Manokwari

Ikan bakar Manokwari
Ikan bakar Manokwari merupakan makanan khas Papua yang berasal dari wilayah Manokwari, Papua Barat. Jika Anda penyuka pedas, ikan bakar Manokwari adalah salah satu makanan yang wajib Anda cicipi saat Anda mengunjungi Papua. Jenis ikan yang biasanya digunakan untuk hidangan ini adalah ikan tongkol.

Martabak sagu

Martabak sagu
Makanan khas papua yang selanjutnya adalah martabak sagu. Martabak ini berbeda dengan martabak pada umumnya, seperti martabak telur ataupun martabak manis. Yang membedakannya adalah martabak sagu terbuat dari sagu yang dihaluskan dan kemudian digoreng serta diberi gula merah. Makanan yang satu ini dapat Anda temui dengan mudah di kabupaten Fakfak.

Aunu Senebre

Anunu Senebre

Aunu senebre adalah makanan khas yang berbahan dasar teri nasi yang dicampurkan dengan irisan daun talas. Untuk mengonsumsi makanan ini, Anda dapat menikmatinya dengan menggunakan papeda ataupun umbi-umbian.

Nah itulah beberapa makanan khas Papua yang paling populer. Baca juga tentang Makanan khas Jawa Timur paling populer.

Makanan Khas Papua yang Paling Terkenal dan Populer | admin | 4.5