Makanan Khas Solo Paling Populer

Solo merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Tengah yang terkenal dengan masyarakatnya yang ramah dan baik. Selain memiliki tempat wisata yang menarik, Solo juga kaya akan wisata kuliner yang wajib dicoba saat travelling ke Solo. Bagi kalangan penyuka wisata kuliner sendiri, ada beberapa macam makanan khas Solo yang tidak boleh Anda lewatkan. Tidak perlu mengeluarkan budget yang mahal serta ke restoran mewah untuk makan makanan khas Solo sendiri. Saat Anda di Solo, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai macam makanan yang dijual diberbagai sudut kota. Pastinya Anda penasaran kan? Berikut adalah makanan khas Solo paling populer!

Makanan khas Solo yang wajib Anda cicipi

Nasi Liwet

Nasi Liwet

Makanan khas Solo yang pertama adalah nasi liwet. Nasi liwet merupakan salah satu makanan di Jawa Tengah yang wajib dicoba. Makanan ini dibuat dari beras yang dimasak dengan menggunakan kaldu ayam. Sehingga ini membuat nasi liwet memiliki aroma yang khas serta rasa yang lezat dan gurih. Cara penyajian dari nasi liwet pun unik yaitu dengan cara meletekan campuran antara nasi, daging ayam suwir, sayur labu siam, telur pindang rebus serta kumut (kuah santan yang dikentalkan). Setelah itu campuran tersebut disajikan dengan menggunakan daun pisang dengan cara dipincuk. Jika Anda melakukan perjalanan ke Solo, makanan yang satu ini pantang Anda lewatkan.

Timlo Solo

Makanan khas yang kedua adalah timlo Solo. Pada umumnya makanan khas yang satu ini hampir sama dengan soto, yaitu memiliki kuah bening. Akan tetapi yang membedakannya adalah timlo Solo memiliki banyak pelengkap, seperti ati, ampela, sosis ayam, jeroan ayam serta telur pindang ayam. Timlo sendiri sangat nikmat jika dinikmati bersama dengan nasi putih hangat.

Tengkleng

Tengkleng

Makanan khas Solo selanjutnya adalah tengkleng. Jika dilihat sekilas, tengkleng hampir sama dengan gulai kambing, akan tetapi tengkleng tidak menggunakan santan pada kuahnya. Tengkleng sendiri terdiri dari tulang belulang kambing dengan hanya sedikit daging yang menempel. Kenikmatan saat mengonsumsi masakan ini adalah saat Anda menggerogoti tulang serta menghisap isinya. Makanan ini pun sangat mudah Anda temui di Jl Letjend Sutoyo atau di samping gapura Pasar Klewer, Solo.

Selat Segar Solo

Selat Segar Solo

Selat segar Solo merupakan makanan yang diadaptasi dari salad khas barat akan tetapi dengan selera lidah lokal. Selat segar sendiri terdiri dari daging ayam yang diiris tipis. Kentang, pindang telur rebus, mayonaise, kentang, wortel dan juga rebusan buncis. Setelah racikan tersebut tersusun rapi kemudian disiram dengan mengunakan kuah kecap encer. Sebagai rekomendasi, jika Anda ingin mencicipi makanan ini warung selat segar yang terkenal di Solo adalah warung selat segar Mbak Lies di Serengan dan juga RM Kusuma Sari di Perempatan Nonongan.

Nah itulah beberapa makanan khas Solo yang wajib Anda cicipi. Baca juga artikel mengenai Makanan khas Jawa Barat.

Makanan Khas Solo Paling Populer | admin | 4.5