Negara – negara Yang Menggunakan Bahasa Jawa

Bahasa jawa memang sudah terkenal di Indonesia khususnya di daerah jawa tengah, jawa timur, yogyakarta dan juga di jawa barat yaitu di kawasan pantai utara di bagian pesisir utara karawang, indramayu, subang, cirebon dan juga terdapat beberapa di banten yang berada si kota serang.

Berikut ini adalah Negara – negara yang menggunakan bahasa jawa :
Singapura
Dahulu banyak orang jawa yang datang ke singapura sejak tahun 1825 dab banyak berasal dari jawa tengah. Di singapura mereka bekerja sebagai buruh perkebunan, konstruksi bangunan, konstruksi jalan raya dan juga bekerja di jalur kereta api. Di tepi sungai rochor terdapat perkampungan jawa, itu merupakan tempat pemukiman orang jawa pertama di singapura. Selain di kampung jawa juga terdapat tempat kallang Airport Estate yang dikenal sebagai tempat pemukiman orang jawa juga. Merekapun hidup berdampingan bersama orang cina dan melayu.
Malaysia
Orang jawa datang ke Malaysia di perkirakan tahun 1990 karena tekanan ekonomi pada saat waktu itu. Orang jawapun tersebar di daerah negeri Selangor yakni di kawasan tanjung karang, sabak bernam, kelang, banting, kuala Selangor dan juga di sepang. Merekapun masih menggunakan unsur – unsur jawa meskipun tidak total. Di johor juga bayak orang jawanya.
Tetapi ironis nya ada beberapa orang yang malu bahwa mereka keturunan jawa. Merak pun tidak bisa menggunakan bahasa jawa secara baik –baik.
 Belanda
Dahulu orang belanda menjajah di Indonesia maka sebagian orang jawa di kirim di belanda dan di jadikan budak. Banyak orang belanda yang sangat minta terhadap bahasa jawa dan juga sastra jawa. Negara bekas penjajah jawa ini juga mempunyai gudang orang pintar yang punya minat khusus terhadap bahasa jawa.
Di universitas Lieden yang didirikan oleh pangeran Willem van Oranje terdapat 17.000 mahasiswa yang menimba ilmu. Di universitas tersebut juga terdapat naskah kuno bertuliskan jawa yang masih terawat.
Kaledonia Baru
Negeri yang dimiliki oleh perancis yang terletak di samudra pasifik di bagian selatan juga di kenal sebagai pulau kanaki. Negeri ini di kuasai perancis sampai tahun 1998.
Terdapat suku jawa di Negara ini yang mengadu nasib yang menjadi kuli kontrak. Tetapi perpindahan orang jawa di pasifik terhenti sejak tahun 1949.
Orang jawa yang tinggal di keledonia ini masih menggunakan bahasa jawa, tetapi anak mudanya tidak bisa menggunakan bahasa jawa lagi dan pasih dalam bahasa perancis. 
Republik Suriname
Dulu Negara ini bernama Guyana belanda yakni sebuag Negara Latin ( amerika selatan ) yang merupakan bekas jajahan Negara Belanda.

Di suriname sendiri ada sekitar 75.000 orang jawa yang di bawa belanda dari hindis sampai ke belanda sekitar tahun 1890 – 1939. Negara ini juga termasuk Negara anggota organisasi konfersnsi Negara – Negara islam di dunia.
Negara – negara Yang Menggunakan Bahasa Jawa | admin | 4.5