Negara Penghasil Kopi Terbaik di Dunia

Kopi merupakan minuman yang sangat digemari di seluruh dunia. Minuman yang berasal dari proses pengolahan ekstrasi biji tanaman kopi ini terdiri dari dua jenis yaitu arabika dan robusta. Kopi awalnya ditemukan oleh bangsa Etiopia di wilayah Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu. Hingga saat ini kopi telah menjadi minuman yang populer di dunia dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Selain rasa dan aromanya yang harum, kopi juga dipercaya dapat menurunkan resiko kanker, diabetes, dan berbagai penyakit lainnya.

Selain dimanfaatkan untuk kesehatan, kopi di berbagai negara juga telah menjadi gaya hidup. Hal ini terlihat semakin banyaknya negara yang berusaha menghasilkan kopi-kopi terbaiknya. Berikut negara penghasil kopi terbaik di dunia.

kopi

Brazil

Brazil merupakan negara penghasil kopi terbesar di Benua Amerika. Hal ini dikarenakan negara tersebut memiliki lahan yang luas untuk ditanam pohon kopi. Wilayah Brazil yang banyak ditanam pohon kopi adalah daerah pesisir tenggara. Perlu Anda ketahui bahwa 30% kopi yang ada di dunia disuplai dari Brazil, tak heran salah satu kopi terbaik di dunia berasal dari negara tersebut.

Kolombia

Kopi yang berasal dari Kolombia terkenal dengan cita rasanya yang baik. Ada tiga rangkaian pegunungan sebagai wilayah yang menghasilkan kopi di negara tersebut yaitu pegunungan Cordilleras yang termasuk bagian dari pegunungan Andes Utara. Kolombia menyuplai setidaknya 10% dari kopi di seluruh dunia.

Costa Rica

Negara ini merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Kualitas yang dihasilkan sangat baik, biji kopinya sangat komplek dan tingkat keasamannya sangat halus. Anda dapat merasakannya jika kopi disiapkan dengan menggunakan filter kopi.

Guatemala

Di negara ini terdapat daerah Sierra Madre yaitu pegunungan tinggi yang memiliki iklim sempurna. Iklim di daerah pegunungan tersebut sangat cocok untuk ditanam pohon kopi. Para imigran dari Jerman telah lama memanfaatkan daerah tersebut untuk membudidayakan kopi terbaik. Untuk menghindari kebekuan pada pohon kopi, biasanya mereka membakar sampah di sekitar perkebunan. Selain terhindar dari kebekuan, kopi juga akan memiliki rasa asap pada biji yang membuat kopi tersebut banyak digemari.

India

Negara penghasil kopi terbaik di dunia selanjutnya adalah India. India merupakan penghasil kopi tertua sampai saat ini. Pada awal tahun 1600-an ada seorang peziarah mengunjungi Makkah kemudian Ia mengambil biji kopi yang disembunyikannya di jubah, biji kopi tersebut kemudian di tanam di India.

Indonesia

Kopi diperkenalkan oleh bangsa Belanda pada abad ke 17 yang kemudian ditanam di pulau Jawa. Ini merupakan salah satu produksi kopi generasi pertama di dunia. Biji kopi yang kaya rasa dibudidayakan hingga sekarang, bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki kopi khas masing-masing. Adapun kopi asli Indonesia yang telah mendunia adalah kopi Luwak.

itulah beberapa negara penghasil kopi terbaik di dunia. Baca juga artikel menarik lainnya Cokelat termahal di dunia.

Negara Penghasil Kopi Terbaik di Dunia | admin | 4.5