Pasukan Khusus yang Dimiliki Indonesia

Setiap negara pasti memiliki tentara yang menjaga kedaulatan negaranya. Di Indonesia terdapat Tentara Nasional Indonesia yang terdiri dari tiga matra yaitu angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara. Setiap matra dipimpin oleh kepala staf namun masih di bawah satu komando yaitu panglima TNI dan panglima tertinggi yaitu presiden. Setiap matra memiliki satuan-satuan yang bertugas sesuai kemampuan masing-masing untuk mengamankan kedaulatan RI. Bahkan, ada beberapa pasukan khusus yang dimiliki setiap matra.

Pasukan tersebut merupakan tentara-tentara pilihan yang dilatih khusus sesuai dengan tugasnya. Selain TNI, Indonesia juga memiliki pasukan khusus dari kepolisisan. Mereka dilatih dan mendapat tugas khusus untuk menjaga keamanan bangsa.

Berikut pasukan khusus yang dimiliki Indonesia

Densus 88 Antiteror

Densus 88 Antiteror
Detasemen Khusus 88 merupakan pasukan khusus yang dimiliki Polri. Tugas utamanya adalah penanggulangan teroris di Indonesia. Unit antiteror ini mampu mengatasi gangguan teroris seperti ancaman bom. Densus 88 mulai dikenal oleh duia sejak berhasil menangkap buronan teroris amrozi cs, Dr. Azhari, dan Noerdin M Top.

Kostrad Tontaipur

Kostrad Tontaipur
Pleton Intai Tempur ini berasal dari pasukan Kostrad yang diseleksi dan dilatih khusus untuk pengintaian jarak jauh di wilayah musuh. Selain itu satuan ini siap menghancurkan terhadap sarana penting musuh. Dalam operasinya mereka dibekali senapan serbu khusus dan teropong bidik. Operasi pertama Tontaipur yaitu saat penumpasan Gerakan Aceh Merdeka.

Paskhas TNI-AU

au

Korp Pasukan Khas TNI Angkatan Udara merupakan pasukan khusus yang dimiliki TNI-AU. Pasukan baret jingga ini adalah satuan tempur darat yang berkempuan khusus di tiga tempat yaitu darat, udara, dan laut. Paskhas bertugas untuk merebut dan mempertahankan pangkalan udara dari musuh yang kemudian menyiapkan pendaratan pesawat kawan.

Kopaska TNI-AL

Kopaska TNI-AL
Komando Pasukan Katak atau biasa disebut Kopaska adalah pasukan yang dimiliki TNI-AL. Pasukan ini terdriri dari dua grup yang terletak di Armada Barat di Jakarta dan Armada Timur di Surabaya. Kopaska bertanggung jawab dalam penyerbuan kapal musuh, menghancurkan peraatan bawah air, dan operasi pendaratan pasukan amfibi.

Kopassus TNI-AD

Kopassus TNI-AD
Komando Pasukan Khusus atau Kopassus merupakan Bala Pertahanan Pusat milik TNI-AD yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Pasukan ini siap bergerak cepat di setiap medan dan memiliki kemampuan menembak dengan tepat, slogan mereka adalah satu nyawa satu peluru. Pasukan baret merah ini juga memiliki kemampuan pengintaian dan antiteror yang di segani dunia, bahkan ada yang menyebutkan kekuatan 1 kopassus sama dengan 5 tentara biasa. Kopasus menjadi pasukan kebanggaan Indonesia hingga sekarang dan banyak memperoleh penghargaan.

Sat Gultor 81 Kopassus

fea
Satuan 81 Penanggulangan Teror merupakan satuan Kopassus setingkat Grup. Satuan yang bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Tidak diketahui jumlah personil serta persenjataan apa yang dipakai oleh satuan ini. Semua yang meyangkut Sat Gultor 81 sangat dirahasiakan.

Itulah pasukan khusus yang dimiliki Indonesia yang patut kita banggakan. Baca juga Fakta Menarik Korea Utara.

Pasukan Khusus yang Dimiliki Indonesia | admin | 4.5