Proyek Planet Cash “Finger Vein” Tarik Uang Dengan Satu Jari

Perusahaan jasa perbankan yang berasal dari Polandia It card S.A bekerja sama dengan Hitachi sepertinya akan melakukan sebuah gebrakan baru dalam bidang perbankan. Teknologi baru ini pasalnya akan mempermudah para nasabah untuk menarik uang di ATM. Pengembangan teknologi Finger Vein ini dapat digunakan para nasabah yang akan melakukan aktivitas menggunakan sarana ATM. Pasalnya, penggunaan finger vein ini sama fungsinya dengan kartu ATM dan juga nomor PIN.
Proyek Planet Cash “Finger Vein” Tarik Uang Dengan Satu Jari
Sebenarnya teknologi Finger Vein ini telah digunakan oleh Itcard S.A dalam proyek ATM, namun dalam perbankan dalam sektor koperasi. Proyek ATM sektor perbankan dengan Finger Vein terhitung sukses karena telah terbukti dan cukup diminati. Oleh karena itu, Itcard S.A mencoba untuk kemudian mengembangkannya pada sektor ATM untuk umum. Menurut CEO dari Itcard S.A menyatakan bahwa teknologi scan telapak tangan ini adalah salah satu teknologi andalan milik mereka. Strategi ini dianggap akan menjadi teknologi yang dapat dikembangkan menjadi teknologi dengan profit yang menjanjikan.
Pasalnya, Itcard S.A akan mulai launching produk baru mereka ini di beberapa ATM di Polandia. Kurang lebih proyek Planet Cash nama untuk proyek ATM Finger Vein ini akan dioperasikan di 1.730 ATM yang tersebar diseluruh Polandia. Memang disayangkan, karena jangkauan wilayah dari proyek Planet Cash masih sebatas wilayah Polandia. Namun rencananya, proyek ini akan ditargetkan dapat diluncurkan dan dioperasikan dibeberapa negara lain seperti Inggris. Untuk saat ini, Planet Cash hanya dioperasikan dibeberapa bank tertentu di Polandia dan belum diberlakukan untuk masyarakat publik.
Sistem operasi dari Planet Cash tergolong tidak terlalu rumit. Pada dasarnya, Finger Vein ini bekerja untuk mengganti kartu ATM dan pin. Para nasabah tidak perlu lagi menggunakan ATM Card dan PIN yang harus dimasukkan saat akan melakukan transaksi lewat ATM. Planet Cash menggunakan sistem CCD camera dan juga infrared. Jadi pada saat jari dari sang nasabah diletakkan  pada mesin scanner, secara otomatis sinar infrared akan menscan jari melalui kandungan hemoglobin yang terdapat dapat pada pembuluh darah kemudian memindai profil pola dari pembuluh darah.
Selanjutnya, pola dari pembuluh darah tersebut akan dicocokkan dengan profil pra-registrasi yang telah dilakukan oleh nasabah sebelumnya. Tahapan ini bertujuan sebagai alat verifikasi identitas yang dimiliki nasabah. Setelah verifikasi telah dilakukan, para nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas ATM seperti biasanya. Antara lain melakukan pembayaran, menarik uang tunai, cek saldo, transfer, dan lain-lain. Planet Cash ini terbukti lebih efektif, efisien dan juga aman. Para nasabah tetap bisa melakukan transaksi tanpa kartu ATM dan tidak perlu takut jika kita lupa nomer PIN dari ATM. Selain itu, Planet Cash Finger Vein ini juga bisa meminimalisir tindak kriminal yang terjadi lewat ATM. 
Proyek Planet Cash “Finger Vein” Tarik Uang Dengan Satu Jari | admin | 4.5