Rancang Nama Anak, 9 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan

Setiap orang tua pasti telah merancang segala hal yang terbaik untuk sang buah hati sejak sebelum kelahirannya. Begitu pula dengan nama anak yang nantinya akan menjadi doa dan sebagai perwujudan harapan orang tua yang dibawa anak hingga meninggal dunia nanti. Orang tua seringkali memikirkan satu nama yang indah namun tanpa pertimbangan makna dibaliknya. Oleh karena itulah, ada kalanya jika orang tua mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum memberikan nama anak seperti dilansir Boldsky, Kamis (15/03/2014).
Rancang Nama Anak, 9 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan
1.            Kesepakatan pasangan
Memberikan nama pada seorang anak haruslah berasal dari kesepakatan bersama. Anda dan pasangan boleh menyumbangkan ide masing-masing untuk menciptakan nama terbaik bagi sang buah hati. Sehingga, masing-masing pihak dapat secara adil menyumbangkan idenya.
2.            Arti nama
Seringkali para orang tua menganggap arti nama yang diberikan adalah aspek yang terpenting untuk diberikan. Anda bisa mengkombinasikan beberapa bahasa seperti bahasa Jawa, Sansakerta, Yunani, Latin, Inggris, Jerman ataupun Belanda sebagai penyusun nama yang indah untuk buah hati. Anda bisa memilihkan arti nama yang bagus sesuai dengan harapan dan kelamin anak.
3.            Kecocokan dengan nama keluarga
Pencantuman nama keluarga ke nama anak sangatlah penting. Meskipun pemberian nama keluarga ini tidak terlalu banyak diprioritaskan di Indonesia, namun tak ada salahnya memberikan identitas pada anak Anda. Sehingga namanya sendiri akan selalu membawa serta nama keluarganya.
4.            Pengucapan nama
Seringkali nama yang direncanakan akan memiliki banyak alternatif pengucapan. Agar tampak sempurna, Anda harus mengucapkan nama dengan pengucapan yang sesuai dengan selera Anda dan pasangan. Hanya satu pengucapan saja yang harus Anda sepakati sebelum benar-benar dilekatkan pada sang buah hati. Karena hal ini sangat penting bagi pengucapan anak itu sendiri beserta lingkungannya.
5.            Keunikan nama
Kosakata untuk dijadikan sumber inspirasi nama sangatlah banyak di dunia ini. Oleh karena itulah, usahakan Anda tidak memberikan kesan yang biasa-biasa saja namun juga jangan terlalu unik agar tidak berkesan aneh. Pemikiran yang tepat agar nama anak menjadi paling unik adalah aspek yang sangat penting.
6.            Panjang nama
Dalam memberikan nama anak, Anda harus pula memperhitungkan panjang nama anak yang akan Anda berikan. Sebaiknya nama tersebut tidak terlalu panjang maupun tidak terlalu pendek. Anda juga harus memperhitungkan dari segi mudah atau tidaknya panjang nama anak tersebut dapat diingat.
7.            Perasaan
Ketika Anda sedang memikirkan sebuah nama untuk anak, pastikanlah Anda merancangkan nama yang bisa menyentuh antara orang tua dengan anak. Nama yang seperti ini haruslah mudah diucapkan, mudah diingat, unik, dan mengena di hati Anda maupun pada anak itu sendiri. Sehingga, anak pun akan menyukai nama yang diberikan padanya dan perlu dikenalkan sejak sebelum lahir.
8.            Popularitas
Anda perlu menentukan seberapakah frekuensi dari nama yang telah Anda siapkan untuk sang buah hati. Seperti nama Adi, Ani, Putri, dan lain-lain yang telah umum digunakan. Anda bisa memilih atau menghindari nama-nama populer ini. Anda juga bisa menggunakan salah satu tokoh idola, selebriti, atau nama ilmuwan tertentu untuk diadopsi menjadi nama buah hati Anda.
9.            Ejaan yang tepat
Terkadang berbeda cara mengeja dapat memberikan pengertian yang berbeda pada orang yang mendengarnya. Sama seperti Anggie dan Anggik serta Ade dan Adek. Kedua nama yang memungkinkan untuk memunculkan persepsi yang berbeda dengan kenyataan sebaiknya Anda hindari untuk dipilih pada nama anak Anda.
Rancang Nama Anak, 9 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan | admin | 4.5