Sungai Terpanjang di Dunia

Jika kita membicarakan mengenai sungai, tentu sudah sangat banyak sekali sungai yang ada di dunia ini. Di antara banyaknya sungai di bumi ini, terdapat sungai dengan panjang yang luar biasa. Bahkan uniknya sungai-sungai tersebut memiliki panjang yang sampai ribuan mil. Pada pembahasan kali ini mengenai sungai terpanjang di dunia yang panjangnya melebihi sungai-sungai biasa. Penasaran? Daripada penasaran, dibawah ini merupakan sungai terpanjang di dunia yang sudah di rangkum dari berbagai sumber.

Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Nil, 6.650 km
Sungai terpanjang di dunia yang pertama adalah sungai Nil. Tentu anda sudah tak asing lagi jika mendengar nama Sungai Nil. Sungai Nil mempunyai total panjang mencapai 6.650 km atau sekitar 4132 mil. Dengan panjangnya yang luar biasa, sungai Nil sampai-sampai melintasi beberapa negara Afrika seperti Sudan, Mesir, Uganda, Kenya, Ethiopia, Rwanda, Tanzania, dan Zaire. Keberadaan dari sungai Nil sangat ini sangat berguna bagi penduduk yang tinggal di sepanjang sungai Nil, karena sungai ini dapat digunakan untuk berbagai hal serta memiliki tanah yang subur akibat adanya sedimentasi sungai. Baca Juga Nama Asli Cak Lontong beserta Fakta Hidup
Sungai Amazon, 6.400 km
Sungai Amazon terletak di benua Amerika bagian selatan yang memiliki panjang total mencapai 6.400 km. Dengan panjang yang luar biasa, membuat sungai Amazon menjadi sungai terpanjang di dunia kedua setelah sungai Nil. Di dalam sungai ini masih hidup hewan-hewan buas seperti spesies buaya, ular, serta ikan piranha. Banyak orang yang menyebutnya sungai ini dengan nama laut sungai yang di karenakan lebarnya dapat mencapai 1,6 km sampai dengan 10 km.
Sungai Yangtze, 6.300 km
Jika tadi berada di benua Afrika serta benua Amerika, untuk sungai yang satu ini berada di kawasan benua Asia. Sungai Yangtze terletak di sebelah timur laut China. Sungai Yangtze memiliki panjang mencapai 6.300 km yang dikenal juga sebagai sungai dengan debit air yang besar. Sungai Yangtze sangat berguna dan bermanfaat bagi rakyat China. Warga China biasa menggunakan dan memanfaatkan sungai ini untuk sanitasi, transportasi, industri, serta kebutuhan lainnya.
Sungai Mississippi, 3.734 km
Sungai terpanjang di dunia yang kempat adalah Sungai Mississippi yang terletak di Amerika Serikat. Sungai ini melewati sebanyak 31 negara di sekitar Amerika Serikat. Nama Mississippi diambil dari bahasa penduduk asli Amerika yang mempunyai arti “bapak air”. Sungai ini sangat terkenal dengan drainasenya. Selain itu Sungai Mississippi mempunyai anak sungai seperti sungai Minnesota, sungai Wisconsin, dan beberapa anak sungai lainnya.
Sungai Yenisei, 5.539 km
Sungai Yenisei berada di negara Mongolia, sungai ini mempunyai panjang total mencapai sekitar 5.539 km. Sungai Yenisei menjadi pusat dari sungai terbesar yang ada di Siberia dan mengalir ke Samudra Artik. Sungai Yenisei mempunyai kedalaman sekitar 24 meter.
Nah itulah kelima daftar sungai terpanjang di dunia, yang memiliki kepanjangan mencapai ribuan mil. Sekian dan semoga bermanfaat dan menghibur, baca juga artikel tempat wisata di Seoul.
Sungai Terpanjang di Dunia | admin | 4.5