Tari Tradisional Indonesia untuk Menyambut Tamu

Seiring berjalannya waktu banyak muda-mudi Indonesia yang tidak mengetahui jenis tari tradisional Indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya budaya luar yang masuk ke negara berkembang ini atau yang lebih sering disebut dengan arus globalisasi. Globalisasi memiliki dampak buruk salah satunya yaitu masyarakat Indonesia melupakan identitas dari bangsanya sendiri yaitu tari tradisional. Selain kaya akan rempah-rempah, Indonesia juga kaya akan suku dan budaya. Oleh karena itu Indonesia pun memiliki tari tradisional yang memiliki ciri khas berbeda dari suku satu ke suku lainnya. Nah berikut adalah macam-macam tari tradisional Indonesia untuk menyambut tamu yang perlu Anda ketahui.

Tari Gambyong

Jenis Tari Tradisional Indonesia yang wajib Anda ketahui

Tari Gambyong – Jawa Tengah

Tari Tradisional Indonesia yang pertama adalah tari Gambyong. Tari adalah salah salah satu tari tradisional Jawa yang merupakan hasil perpaduan dari tari rakyat dengan tari keraton. Pada awalnya tari Gambyong digunakan untuk upacara adat pertanian agar tanah lebih subur dan juga mendapatkan hasil panen yang melimpah. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu tari ini digunakan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan dan juga untuk memeriahkan acara resepsi pernikahan.

Tari Baksa Kembang- Kalimantan Selatan

Yang kedua adalah tari Baksa Kembang. Tarian yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan ini adalah tari tradisional Indonesia yang digunakan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan. Tari Baksa Kembang dapat ditarikan secara tunggal ataupun berkelompok yang terpenting adalah penari harus berjumlah ganjil.

Tari Gending Sriwijaya – Sumatera Selatan

Tarian ini biasanya ditampilkan secara khusus sebagai tarian untuk menyambut tamu-tamu. Sebenarnya ini tidak hanya tarian tetapi juga merupakan sebuah lagu. Melodi lagu Gending Sriwijaya itu sendiri digunakan untuk mengiringi tarian Gending Sriwijaya. Tarian ini menggambarkan tentang kejayaan, keagungan dan juga keluhuran dari kejaraan Sriwijaya yang pernah mengalami kejayaan selama bertahun-tahun.

Tari Pasambahan – Sumaterai Barat

Tari tradisional Indonesia selanjutnya adalah tari Pasambahan. Tarian ini adalah salah satu seni tradisional Minangkabau yang berkembang di berbagai wilayah Sumatera Barat. Sama seperti tarian lainnya, tari Pasambahan juga berguna untuk menyambut tamu sebagai ungkapan rasa hormat kepada tamu yang telah datang di sana. Namun seiring dengan berjalannya waktu tari Pasambahan juga sering dipertunjukkan dalam seni pementasan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.

Tari Gong – Kalimantan Timur

Tari Gong atau yang dapat disebut dengan Tari Kancet Ledo merupakan salah satu tarian Dayak Kalimantan Timur tepatnya dari suku Bayak Kenyah. Gerakan dari tari ini mengeskpresikan tentang kelembutan seorang wanita. Selain digunakan untuk menyambut para tamu, tarian ini juga sering dipertunjukkan pada upacara penyambutan kelahiran seorang bayi kepala suku.

Nah itulah beberapa tari tradisional Indonesia untuk menyambut tamu. Baca juga tentang Mitos Jawa yang dipercaya hingga sekarang.

Tari Tradisional Indonesia untuk Menyambut Tamu | admin | 4.5