Tempat Wisata di jawa Tengah

Jika kemarin sudah membahas mengenai tempat wisata di Jogja, kali ini membahas mengenai tempat wisata di Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan provinsi yang terletak di bagian Pulau Jawa tepatnya di bagian tengah. Karena lokasinya yang berada di bagian tengah, maka provinsi Jawa Tengah ini sering digunakan sebagai tempat istirahat bagi orang yang melakukan perjalanan dari Jawa Barat ke Jawa Timur. Provinsi Jawa Tengah ini mempunyai wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Selain itu banyak terdapat nilai budaya pada provinsi Jawa Tengah. Lalu bagaimana dengan tempat wisata di provinsi tersebut? langsung saja berikut adalah ulasannya.

Tempat Wisata di jawa Tengah

Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng terletak di sekitar 30km dari Wonosobo. Dataran Tinggi Dieng dikelola menjadi tempat wisata di Jawa Tengah secara bersamaan oleh Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan gunung api raksasa yang memiliki beberapa kawah serta candi-candi Hindu Kuno. Karena berada di dataran tinggi, maka tempat ini mempunyai udara sejuk dan dingin. Pada siang hari dapat mencapai suhu 15 derajat celcius dan pada malam hari dapat mencapai 10 derajat celcius.
Kepulauan Karimunjawa
Kepulauan Karimunjawa mempunyai pesona yang indah. Terletak disebelah utara kota Jepara dan Semarang, kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, namun 5 pulau saja yang berpenghuni. Kepulauan Karimunjawa merupakan tempat wisata di Jawa tengah yang sangat terkenal dengan keindahan panorama laut dan pantainya. Selain itu Anda juga dapat bermain dengan penyu dan ikan hiu di kepulauan ini. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, maka anda harus memperhatikan tiket jadwal kapal terlebih dahulu.
Wisata Rawa Pening
Tempat wisata Rawa Pening merupakan sebuah danau yang memiliki luas 2.670 hektar. Wisata ini terletak di Ambarawa, tepatnya di antara jalan Raya Semarang-Salatiga. Keindahan dari Rawa Pening ini dapat Anda nikmati, ketika pagi hari karena tempat ini memiliki keindahan danau yang memukau. Selain itu Anda bersama keluarga juga dapat menyewa perahu yang sudah disediakan di dermaga untuk melihat dan berkeliling sekitar danau. Terdapat banyak tumbuhan enceng gondok pada sekitar danau, untuk anda yang hobi fotografi tempat ini sangat cocok terutama pada pagi hari sekitar pukul 5 pagi anda dapat melihat sunrise. Untuk urusan kuliner jangan lewatkan gurame bakar khas Ambarawa.
Taman Wisata Air Panas Guci
Tempat wisata di Jawa Tengah berikutnya adalah Taman Wisata Air Panas Guci. Tempat ini berlokasi di Tegal, Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat ini Anda harus berkendara dengan jarak tempuh 40 km dari kota Tegal, atau 30 km dari Slawi. Taman Wisata Air Panas Guci berlokasi di kaki Gunung Slamet yang menyediakan kolam renang air panas alami, wisata hutan, penginapan, lapangan tenis, lapangan sepak bola, serta perkemahan.
Lawang Sewu
Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan jaman Belanda yang di bangun pada tahun 1904. Lawang Sewu terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, disebut Lawang Sewu karena pintunya yang sangat banyak. Bangunan Lawang Sewu ini adalah karya arsitek asal Belanda yang bernama Prof Jacob F Klimkhamer dan BJ Queendag. Semula gedung ini digunakan sebagai pusat kantor perusahaan kereta api. Namun pada saat Jepang tiba, Lawang Sewu menjadi tempat penjara orang Indonesia. Jika anda berkunjung ke Semarang, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat ini karena tempat ini memiliki nilai sejarah yang patut anda ketahui.
Nah itulah pembahasan mengenai sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah, masih banyak tempat wisata lainnya seperti Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di Semarang, Pantai Kartini di Jepara, dan masih banyak lagi. Sekian dan semoga menghibur, baca juga Negara-Negara yang Menggunakan Bahasa Jawa
Tempat Wisata di jawa Tengah | admin | 4.5