Tempat Wisata Tebing Keraton Bandung

Tidak hanya terkenal denganĀ tempat wisata kuliner, kota kembangĀ ini juga memiliki tempat wisata alam yang dapat menarik para wisatawan. Selain puncak, wisata alam yang dapat Anda kunjungi adalah Tebing Keraton. Tebing yang terletak di daerah Dago Pakar tepatnyadi Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung ini ditemukan oleh Pak Asep sekitar bulan Mei 2014 yang lalu. Pastinya Anda penasaran kan apa arti nama Tebing Keraton itu sendiri?

Tebing Keraton Bandung

Menurut papan informasi mengenai cikal bakal Tebing Keraton, nama Tebing Keraton memiliki arti yaitu Kemegahan Alam. Dari ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, Anda dapat melihat pemandangan hutan dan alam dari atas tebing ini. Untuk melihat pemandangan yang sangat indah, Anda dapat mengunjungi Tebing Keraton saat matahari akan terbit atau saat akan terbenam.

Saat mengunjungi tempat ini, pastikan Anda membawa jaket dan juga sepatu. Hal ini dikarenakan hawa di sini sangatlah dingin apalagi pada saat pagi hari. Sedangkan sepatu berguna untuk melindungi kaki Anda saat berpijak di tebing dan saat berwisata ke sini, sebaiknya jangan membawa anak-anak kecil karena di sini belum ada sarana pengamanan yang memadai. Jalannya yang licin juga mengharuskan Anda untuk berhati-hati saat berjalan. Selain itu di sini juga belum terdapat sarana penunjang lainnya seperti toilet dan tempat sampah. Meskipun begitu, saat Anda mengunjungi tempat wisata Tebing Keraton Bandung Anda harus tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini pun sangat mudah. Hanya sekitar 3,5 km dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Pertama Anda harus menemukan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang terletak di Dago Pakar. Jika sudah sampai hutan tersebut Anda hanya lurus terus. Akan tetapi jika Anda bingung, jangan malu bertanya dengan warga sekitar.

Selain jaket dan sepatu, untuk berkunjung ke Tebing Keraton ini ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan seperti kamera untuk memotret pemandangan sekitar, minuman dan pastikan bensin kendaraan Anda sudah terisi penuh. Saat mengunjungi tempat wisata Tebing Keraton Bandung ini sangat disarankan untuk menggunakan motor, karena jalan yang harus Anda lewati belum terlalu bagus dan juga jalannya sangat menanjak. Jika Anda ingin berfoto selfie di pinggir tebing, Anda juga harus berhati-hati karena selain tanpa pengaman, posisi tebing yang vertikal juga sangat berbahaya.

Meskipun tempat wisata Tebing Keraton Bandung cukup populer, Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang mahal untuk memasuki kawasan wisata ini, cukup membayar Rp 11.000 per orang Anda dapat menikmati pemandangan alam yang tidak bisa Anda dapatkan ketika berada di kota.

Bagaimana apakah Anda tertarik ingin berwisata ke Tebing Keraton Bandung? Baca juga artikel mengenai Tempat wisata edukatif di Bandung.

Tempat Wisata Tebing Keraton Bandung | admin | 4.5