Tips Membeli Batu Akik, Penting Nih

Banyaknya peminat batu akik belakangan ini membuat harga batu mulia naik tajam berkali-kali lipat dari harga biasanya. Untuk menghindari tindakan penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab rasanya penting untuk menyimak beberapa tips membeli batu akik. Jangan sampai karena terpesona keindahan batu yang sedang dipegang, Anda lupa mengecek keaslian batu akik tersebut. Tidak jarang penjual menyiapkan rayuan-rayuan maut untuk meperdaya pembelinya.

Tips Membeli Batu Akik

Berikut Adalah Beberapa Tips Membeli Batu Akik

Perhatikan Betul Kejernihan Batu Akik

Batu akik yang bagus tentunya memiliki kejernihan saat kita menerawang kedalamnya. Salah satu ciri yang bagus pada beberapa batu bisa tembus cahaya tetapi setiap batu alam pasti memiliki inklusi atau kekurangan di dalamnya karena memang dibentuk oleh alam. Berbeda dengan batu akik yang palsu di mana biasanya tidak terdapat cacat di dalamnya. Jika Anda menemukan batu yang sangat jernih maka Anda patut curiga akan keasliannya.

Warna Batu Akik

Tips membeli batu akik selanjutnya adalah dilihat dari warnanya. Kalau berbicara tentang batu akik tentu tidak lepas dari nilai estetika dan keindahan. Salah satu tolak ukur keindahan batu akik ada pada warnanya. Semakin unik dan bagus warnanya semakin berkualitas dan semakin mahal batu tersebut. Warna yang tajam dan kuat bisa menjadi patokan kualitas batu tersebut namun itu tidak berarti harus mencolok atau cerah karena ada jenis batu yang berwarna gelap.

Berat Batu Akik

Beberapa jenis batu akik misalnya bacan memiliki berat yang lebih berat dari jenis batu akik lainnya, hal ini dikarenakan bacan berasal dari material ferium. Batu palsu tentu akan sulit menyamai berat batu bacan asli dengan volume yang sama.

Cek Keaslian Sertifikat

Batu akik atau batu mulia yang memiliki nilai tinggi pasti dijual dengan sertifikat. Di dalam sertifikat batu mulia terdapat informasi berat batu, ukuran, warna dan nomor identitas batu. Periksa secara teliti sertifikat tersebut dan bandingkan informasinya dengan batu aslinya.

Pelajari

Supaya Anda tidak tertipu dalam membeli batu akik setidaknya Anda memiliki pengetahuan dasar tentang batu akik yang akan Anda beli. Pengetahuan ini bisa Anda dapat dari buku, internet maupun dari sharing dengan teman lainnya.

Ajak Teman atau Kerabat yang Ahli

Tips membeli batu akik yang terakhir adalah mengajak teman atau kerabat. Kalau Anda masih pemula atau masih belum yakin dengan kemampuan memilih batu akik tidak ada salahnya untuk mengajak teman atau kerabat yang Anda yang memiliki pengetahuan lebih tentang batu akik daripada Anda. Bahkan jika Anda sudah ahlipun tidak ada salahnya mengajak teman saat ingin membeli batu akik.

Baca juga artikel terkait mengenai Batu akik paling populer di Indonesia.

Tips Membeli Batu Akik, Penting Nih | admin | 4.5