Tips Snorkeling untuk Pemula

Saat berlibur ke sebuah pulau pastinya tidak lengkap jika tidak melakukan berbagai macam aktifitas air. Ada beberapa macam aktifitas air yang dapat Anda lakukan salah satunya yaitu snorkeling. Snorkeling merupakan salah satu olahraga air yang bertujuan untuk melihat pemandangan alam laut dengan menggunakan alat snorkel. Jenis kegiatan yang satu ini dapat dilakukan oleh semua orang, baik seseorang yang dapat berenang ataupun tidak dapat berenang. Meskipun tidak memiliki resiko yang terlalu besar, namun seseorang yang tidak dapat berenang ataupun seseorang pemula, mereka harus memperhatikan beberapa hal dalam melakukan snorkeling. Nah berikut adalah tips snorkeling bagi pemula.

Tips Snorkeling untuk Pemula

Tips snorkeling bagi yang tidak bisa berenang dan untuk pemula

Cek kondisi peralatan

Tips snorkeling bagi pemula yang pertama adalah dengan cara mengecek terlebih dahulu kondisi peralatan yang akan Anda gunakan untuk snorkeling. Peralatan yang biasanya digunakan adalah snorkel, masker dan juga kaki katak. Dalam memilih snorkel dan masker pastikan keduanya dalam kondisi yang masih bagus, tidak retak, bocor dan juga pas jika digunakan. Hal ini bertujuan agar saat melakukan snorkel wajah tidak mudah kemasukan oleh air. Sedangkan untuk kaki katak, pilihlah dengan ukuran yang pas di kaki dan lentur agar nyaman dan tidak terlepas saat digunakan untuk menyelam.

Jangan jauh dari teman

Snorkeling merupakan salah satu aktivitas yang sangat mengasyikkan. Namun meskipun begitu Anda tidak boleh jauh dari teman Anda. Hal ini bertujuan agar saat terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan, Anda dapat mendapatkan pertolongan lebih cepat.

Jangan panik

Saat pertama kali melakukan hal baru salah satunya snorkeling pastinya kita memiliki rasa cemas, khawatir dan juga panik. Namun sebaiknya Anda menghindari rasa tersebut. Kepanikan yang Anda lakukan hanya akan membuat gerakan–gerakan yang tidak perlu dan dapat membuang energi Anda di dalam air. Oleh karena itu, saat berada di dalam air, usahakan Anda selalu besikap tenang dan rileks. Saat masker kemasukan air, salah satu langkah terbaik yang dapat Anda lakukan adalah clearing. Namun jika Anda mengalami kesulitan saat melakukan hal ini, Anda dapat meminta bantuan teman.

Snorkel dan masker clearing

Saat snorkeling terkadang ada air laut yang merembes masuk ke dalam masker dan snorkel. Hal ini tentunya sangat mengganggu. Untuk mengeluarkan air yang di masker, Anda tidak perlu melepasnya. Caranya, tarik napas panjang melalui mulut dan keluarkan melalui hidung. Cara ini dapat membuat udara dan air yang ada di dalam masker keluar. Sedangkan jika ada air di dalam saluran snorkel, Anda dapat mengatasinya dengan cara menghembuskan napas kuat-kuat melalui mulut. Sehingga air yang masuk akan keluar melelau fiter snorkel.

Nah itulah beberapa tips snorkeling bagi pemula yang dapat Anda coba. Baca juga artikel tentang Tempat surfing terbaik di Indonesia.

Tips Snorkeling untuk Pemula | admin | 4.5