Tokoh Seni Pop Art Dunia

Seni pop art merupakan aliran seni yang menggunakan simbol-simbol serta gaya visual yang berasal dari berbagai media massa seperti tv, koran, iklan, dan lain-lain. Seni pop art muncul pertama kali di Inggris pada tahun 1950-an. Ini merupakan gerakan untuk melawan kekuasaan, karena pada zaman itu seni hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas. Sekarang seni pop art dapat dinikmati oleh semua kalangan dan tokoh seni pop art paling populer adalah Andy Warhol asal Amerika.

Ciri dari seni pop art biasanya menggambarkan simbol sebagai media untuk menyampaikan pesan. Selain itu penggabungan foto dan permainan warna adalah seni pop art yang sering kita jumpai. Ada banyak seniman dunia penggiat aliran pop art yang mempunyai ciri khas masing-masing.

Berikut Tokoh Seni Pop Art yang Perlu Anda ketahui

Andy Warhol

Andy Warhol

Seniman pop art paling populer ini lahir pada 6 Agustus 1928. Andy Warhol merupakan seniman yang mempopulerkan pop art ke dunia, ia menggunakan media iklan sebagai tema dalam karyanya. Karya-karya Andi Warhol dibuat dengan objek yang biasa kita temukan di kehidupan sehari-hari dan menghasilkan karya seni yang penuh makna. Ada berbagai bentuk media dalam karya Warhol seperti seni grafis, gambar tangan, lukisan, fotografi, film, dan musik. Karya seniman yang meninggal pada 22 Februari 1987 yang paling terkenal adalah potret dari Marilyn Monroe.

Roy Lichtenstein

Roy Lichtenstein 1985, printed 1990 by Robert Mapplethorpe 1946-1989

Roy merupakan salah satu tokoh gerakan seni baru yang terkemuka. Seniman kelahiran Amerika, 27 Oktober 1923 terkenal dengan karyanya yang menggambarkan premis dasar seni pop melalui parodi. Hampir semua karyanya diambil dari media iklan dan buku komik. Ia mengambil frame gambar dengan ukuran sangat kecil sebagai warnanya kemudian membesarkannya menjadi gambar yang sangat indah. Lukisan Roy pertama dipamerkan di Leo Castelli Gallery di Ney York.

Tom Wesselman

Tom Wesselman

Karya Tom Wesselmen populer dengan gerakan seni pop art yang bekerja dalam lukisan. Karya-karyanya sangat menginspirasi seniman lain di dunia. Selain itu ia juga menggambarkan seni pop art dalam sebuah patung. Tom Wesselman memiliki beberapa kartya yang paling populer yaitu figur-figur wanita telanjang tanpa wajah yang menggambarkan figur yang datar dan impersonal.

Marison Escobar

Marisol Escobar & Sculpture

Tokoh seni pop art selanjutnya adalah Marison Escobar. Seniman asal Venezuela ini terkenal dengan karya mixed-media, yaitu menggabungkan patung, lukisan, dan beberapa media bekas untuk menghasilkan lingkungan pop dan manusia sebagai pusatnya. Namun beberapa tahun berikutnya ia terinspiraasi dari seniman Andy Warhol tentang karya-karyanya yang menggunakan media artis. Marison Escobar juga pernah tampil dalam film karya Andy Warhol yang berjudul “The Kiss” dan “13 Most Beautidul Girls”.

Itulah tokoh seni pop art dunia. Masih banyak seniman-seniman pop art yang tersebar di dunia hingga saat ini. Baca juga Lukisan ekspresionisme dan pelukisnya.

activate javascript

Tokoh Seni Pop Art Dunia | admin | 4.5