Tradisi Unik Perayaan Imlek

Imlek merupakan tradisi orang Tionghoa yang diselenggarakan setiap tahunnya sesuai perhitungan orang China. Seperti halnya tahun baru masehi atau tahun baru hijriah bagi orang muslim, tahun baru imlek juga memiliki tradisi unik sendiri. Pada umumnya warna merah mendominasi hampir diseluruh rumah bahkan pakaian saat menjelang imlek seperti pertokoan, dekorasi dinding, serta hiasan di sepanjang ruas jalan. Bagi orang Tionghoa, warna merah merupakan warna yang melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan.

Selain itu masyarakat Tionghoa sering membagikan angpao serta memiliki tradisi unik lainnya. Berikut tradisi unik perayaan imlek yang sering kita jumpai.

Membersihkan Rumah Sebelum Hari H

b

Tradisi membersihkan rumah sebelum imlek tiba sangat penting bagi masyarakat Tionghoa. Dengan kondisi rumah yang bersih masyarakat Tionghoa percaya akan terhindar dari keburukan. Selain itu tradisi membersihkan rumah merupakan lambang keyakinan bahwa akan mendapatkan keberuntungan di tahun baru.

Mendekorasi Rumah

c

Tahun baru imlek merupakan perayaan yang penting bagi masyarakat Tionghoa. Untuk merayakannya, biasanya mereka mendekorasi ulang rumahnya. Hal yang sering dijumpai adalah tempelan kertas yang berisikan kata-kata baik, selain itu pintu dan jendela dicat ulang dengan warna merah yang melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan.

Pakaian dan Sepatu Baru

d

Saat menjelang imlek biasanya masyarakat Tionghoa membeli sepatu dan pakaian baru. Umumnya pakaian yang dibeli berwana merah atau warna yang terang, selain itu masyarakat Tionghoa akan menggunting rambut menjelang imlek. Berpenampilan rapi pada saat merayakan imlek melambangkan sikap optimis untuk menghadapi masa depan. Sikap ini penting karena masa depan yang diharapkan adalah kemakmuran dan rizki.

Melunasi Hutang

e

Tradisi unik perayaan imlek selanjutnya adalah melunasi hutang. Menjelang tahun baru imlek biasanya masyarakat Tionghoa melunasi hutang mereka atau mengurangi jumlah hutang. Hal ini dipercaya di tahun berikutnya terhindar dari beban hutang.

Angpao

f

Tradisi memberikan angpao pada saat imlek merupakan simbol transfer energi serta kesejahteraan. Bagi orang yang sudah berkeluarga memberikan rizki kepada kedua orang tua serta anaknya. Sedangkan untuk orang yang sudah mampu dari segi ekonomi biasanya berbagi rizki kepada orang yang tiak mampu.

Barongsai dan Liong/Naga

lk

Makna dari tradisi ini adalah kesenangan atau kebahagiaan. Tradisi ini wajib diadakan pada saat imlek, bahkan tidak hanya etnis Tionghoa saja senang melihatnya namun warga lokal atau non-Tionghoa juga gamar menyaksikan. Pertunjukan singa dan naga bagi orang Tionghoa dipercaya akan membawa hoki.

Menyajikan Makanan Khusus

g

Pada saat imlek masyarakat Tionghoa menyajikan berbagai macam makanan khusus. Makanan ini terdiri dari 12 macam masakan dan 12 macam kue sebagai simbol 12 macam Shio, selanjutnya semua makanan didoakan bersama keluarga. Setiap makanan memiliki makna sendiri sendiri misalnya ikan sebagai simbol air, lapis dimaknai sebagai rizki yang berlapis, dan lain-lain.

Itulah tradisi unik perayaan imlek yang sering kita jumpai. Baca artikel menarik lainnya makanan khas Jepang.

Tradisi Unik Perayaan Imlek | admin | 4.5