Wisata Budaya Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal Yoyakarta? Daerah Istimewa yang dipimpin oleh Sultan Hambengku Bawono X ini memiliki banyak tempat-tempat yang seru untuk dikunjungi. Selain banyak tempat wisata, Yogyakarta juga terkenal dengan adat Jawa yang masih kental. Tak jarang karena masyarakatnya yang ramah membuat wisatawan betah jika berkunjung ke Yogyakarta. Selain wisatawan lokal, Anda juga dapat menemukan banyak wisatawan mancanegara di sini.

Yogyakarta merupakan daerah yang masih melestarikan budaya, khusunya Jawa. Di sini Anda dapat menemukan banyak peninggalan bersejarah dan tata cara adat yang masih dilestarikan hingga sekarang. Hal ini menjadikan provinsi yang berada di selatan Pulau Jawa ini sebagai destinasi wisata budaya yang harus Anda kunjungi.

Ada banyak tempat wisata budaya Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi. Biasanya setiap tempat wisata memiliki pemandu atau guide yang akan membantu Anda untuk mengetahui sejarah tempat wisata tersebut. Berikut ulasan mengenai wisata budaya di Yogyakarta.

Wisata Budaya Yogyakarta yang Bisa Anda Kunjungi

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan tampat kediaman Sultan Hamengku Bawono X. Jika Anda berkenjung ke Yogyakarta disarankan untuk mengunjungi tempat ini, hal ini dikarenakan banyak sejarah dan ilmu tentang budaya pada zaman dahulu yang bisa Anda ketahui. Keraton Yogyakarta berlokasi di sebelah selatan jalan Malioboro, dari titik nol Yogyakarta ke arah selatan.

Di Keraton Yogyakarta sering diadakan pertunjukan tari Jawa, gamelan, dan wayang. Selain itu Anda juga dapat melihat beberapa kereta kuda yang pada zaman dahulu dipakai oleh Sulatan Hamengku Buwono I sebagai kendaraan untuk melakukan upacara-upacara tertentu. Adapaun wisata budaya lainnya di sekitar Keraton adalah Taman Sari dan Masjid Kauman.

Pasar Malam Sekaten

Pasar Malam Sekaten

Jika Anda berencana berkunjung Ke Yogyakarta, salah satu waktu yang tepat adalah saat perayaan Sekaten. Upacara Sekaten di Yogyakarta dilaksanakan bersamaan perayaan kelahiran Nabi Muhammad. Biasanya masyarakat Yogyakarta berkumpul untuk memperingati upacara ini. Anda dapat menemukan pasar malam dengan aneka makanan khas Yogyakarta di sini. Uniknya Pasar malam Sekaten digelar selama 1 bulan hingga 2 bulan setiap tahunnya.

Pasar malam Sekaten terletak di Alun-alun utara Yogyakarta. Banyak pedagang dan berbagai acara adat Jawa yang dapat Anda temui di sini.

Mubeng Beteng

Mubeng Beteng

Wisata budaya Yogyakarta selanjutnya adalah mubeng beteng. Mubeng beteng dapat diartikan mengitari benteng dalam bahasa Indonesia. Anda dapat menemui ritual Jawa ini setiapa malam 1 Suro atau 1 Muharram. Dalam upacara tersebut warga Yogyakarta dan Abdi Dalem menggunakan pakaian khas Jawa sambil mengitari benteng tanpa berbicara. Suasana hening ini dihasi dengan obor yang di bawa oleh para Abdi Dalem. Upacara mubeng beteng merupakan salah satu tradisi unik di Indonesia yang masih dilestarikan hingga sekarang.

Biasanya rute untuk melakukan mubeng beteng adalah dimulai dari Keben, Keraton, Pojok Beteng sebelah barat, Pojok beteng sebelah timur, Jalan Ibu Ruswo, dan Keben Keraton.

Kota yogyakarta memang dikenal sebagai kota yang eksotis karena tradisi dan adat masih dipegang teguh oleh masyarakatnya tetapi dilain sisi kota ini juga tidak menolak adanya kemajuan, ini terbukti dengan munculnya tempat-tempat wisata modernĀ  seperti museum 3D, mall-mall besar dan berbagai tempat hiburan lainnya. Kalau anda berencana pergi ke jogja dalam waktu agak lama sempatkan untuk berinteraksi dengan warga jogja karena mereka terkenal akan keramahannya.

Lihat juga tempat wisata cilacap yang lokasinya +-5 jam dari jogja pantai teluk penyu

Wisata Budaya Yogyakarta | admin | 4.5